Sukses

Camilan Sehat ala Mahasiswa UNY untuk Kamu yang Hobi 'Ngemil'

Liputan6.com, Yogyakarta - Makan makanan ringan atau ngemil bisa menjadi penyebab gagal diet. Namun, banyak camilan sehat untuk mengatasi hobi ngemil, yaitu UNYBar yang merupakan snack bar buatan UNY. 

"Tersedia dalam rasa susu, cokelat, pisang, strawberry, vanila, dan anggur," kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY Siswantoyo.

Menurutnya, produk ini merupakan salah satu karya dari pusat unggulan iptek lumbung inovasi UNY. UNYBar mengandung 130 kkal kalori, 6 gram lemak, 3,5 gram protein, 3 gram serat, dan 16 gram karbohidrat.

"Dijual dengan harga Rp4.500, jauh lebih rendah daripada snack bar lainnya," kata warga Piyungan Bantul tersebut.

Siswantoyo mengatakan snack bar UNY ini masih dapat dikembangkan tergantung pangsa pasar yang dibidik. Misalnya, akan meraih pangsa pasar penderita diabetes maka kandungan protein akan ditingkatkan, sedangkan untuk membidik pasar atlet atau lansia maka akan berkonsentrasi pada seratnya. 

"UNYbar telah diujicobakan pada masyarakat umum untuk dapat diterima pasar sekaligus 30 orang ahli makanan yang memberikan rekomendasi bisa diterima pasar," katanya.

Siswantoyo menjelaskan komposisi UNYBar meliputi tempe, emping jagung, glukosa, gula pasir, cabai, jahe, margarin, jeruk nipis, dan wijen. Teksturnya lembut, kriuk dan empuk karena ditambahkan bihun jagung hingga rasanya crispy.

"UNYBar ini dicoba disimpan dan bertahan selama satu tahun lebih tanpa perubahan rasa dan masih enak," katanya.

Simak video pilihan berikut ini: