Sukses

Refleksi Akhir Tahun, KNPI Dorong Bobby Nasution Maju Pilgub Sumut

Keberhasilan Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan dianggap mampu membawa Sumatera Utara menjadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Di akhir tahun 2021, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara (Sumut)menggelar kegiatan refleksi akhir tahun yang dilangsungkan di Madani Hotel Medan pada Kamis (30/12/2021). Dalam kegiatan itu pengurus KNPI Sumut mendorong generasi muda seperti Wali Kota Medan Bobby Nasution maju di Pilkada Sumut 2024 mendatang. 

Ketua DPD KNPI Sumut, Samsir Pohan bahwa para pemuda harus didorong untuk memajukan Sumut. Hal itu pentin dilakukan agar Sumut bisa bersaing dengan provinsi-provinsi lain di Tanah Air. 

"Besarnya jumlah pemuda di Sumatera Utara harus bisa dimaksimalkan guna mendorong perkembangan dan kemajuan provinsi ini dalam persaingan dengan provinsi lainnya," kata Samsir Pohan di hadapan para undangan yang hadir. 

 

Besarnya potensi anak muda di Sumut terbukti dari jumlah anak muda yang terpilih menjadi kepala daerah. Sebut saja Bobby Afif Nasution yang menjadi Wali Kota Medan dan kader KNPI Sumut Bakhtiar Ahmad Sibarani yang menjadi Bupati Tapanuli Tengah. 

Selain itu, ada juga Mantan Sekretaris KNPI Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu yang mejadi Bupati Tapanuli Selatan, Mantan Ketua KNPI Labuhanbatu Utara yang juga terpilih menjadi Bupati Labuhanbatu Utara. Ada juga mantan Ketua KNPI Langkat yang kini menjadi Wakil Wali Kota Binjai. Lalu ada Adlin Umar Yusri Tambunan-Wakil Bupati Serdang Bedagai. 

"Kepala daerah lainnya yang masih berusia muda ada Vandiko Timotius Gultom yang menjadi Bupati Samosir, Franc Bernhard Tumanggor yang merupakan Bupati Pakpak Bharat, dan Atika Azmi Utammi yang menjabat Wakil Bupati Mandailing Natal," imbuhnya. .

Samsir menuturkan bahwa ada harapan besar yang ditujukan kepada pemimpin-pemimpin muda yang saat ini memimpin daerahnya masing-masing. Mereka bisa mempersiapkan diri menjadi pemimpin Sumatera Utara berikutnya dan lebih jauh menjadi pemimpin-pemimpin nasional yang menduduki jabatan-jabatan di pemerintahan pusat.

"Untuk menjaga semangat anak muda, kiranya mereka mampu menjaga diri dari perilaku koruptif yang bisa merusak semangat gelora anak muda yang dinamis," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Prestasi Anak Muda Sumut

Sementara itu Bendahara KNPI Sumut Abdul Jalil Ritonga menambahkan, anak-anak muda yang menjadi Kepala Daerah patut diapresiasi. Ia pun berharap keterlibatan anak muda harus betul-betul bisa dibuktikan. 

"Mereka di usia muda mau mengabdikan diri mengurus rakyat. Inilah adalah gerakan keikhlasan. Hanya saja keterlibatan pemuda jangan hanya sekadar lips service," kata Abdul Jalil.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua KNPI Sumut Agustin Sastrawan Harahap menilai Sumatera Utara tidak mengalami perubahan apapun di era Sumut Bermartabat. Olehnya itu pembangunan fisik dan pengembangan di bidang SDM harus terus digenjot. 

"Kita semakin bingung dengan makna bermartabat ini. Pembangunan fisik dan pembangunan karakter seperti apa, kita gak tau arahnya ke mana," kata Agustin. 

3 dari 3 halaman

Dorong Bobby Nasution jadi Gubernur Sumut

 Wakil Bendahara KNPI Sumut Muhajier Sitorus menegaskan harus ada anak muda yang bisa memimpin Sumatera Utara kedepannya. Olehnya itu dia pun mengajukan sejumlah nama untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sumut 2024 mendatang. 

"Di tahun tahun berikutnya, harus ada yang membuat perubahan. Minimal berbuat nyata untuk kemajuan generasi. Patut kita dorong agar pemimpin muda seperti Bobby Nasution atau Bakhtiar Sibarani bisa mengabdikan diri kepada pengabdian yang lebih luas menjadi Gubernur Sumatera Utara," tegas Muhajier. 

Muhajier menilai kemampuan komunikasi yang dimiliki Bobby serta pola kepemimpinan yang efektif, mendorong APBD Kota Medan tahun 2022 meningkat menjadi 6,37T dari 5,2T di tahun 2021. Ini membuktikan kemandirian keuangan daerah yang terus meningkat. 

"Belanja daerah juga digunakan untuk pembangunan kota dapat memberi dampak luas bagi masyarakat, sehingga kita mendorong agar Bobby Nasution mengikhlaskan diri mengabdi ke wilayah yang lebih luas," harapnya.

Senior KNPI Sumut Ika Anshari mendorong agar pemerintah daerah di kabupaten/kota bisa mengakomodir kepentingan pemuda.

"Ini penting agar selaras antara kepemimpinan anak muda dengan keterlibatan pemuda dalam pembangunan," tukas Ika Anshari.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.