Sukses

Danau Labuan Cermin Ditutup Sementara, Wabup Berau Minta Libatkan Pawang Buaya

Wakil Bupati Berau Gamalis meminta Danau Labuan Cermin di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau ditutup sementara setelah ditemukan seekor buaya di danau tersebut.

Liputan6.com, Berau - Tertangkapnya satu ekor buaya muara sepanjang 4,7 meter pada Rabu (29/12/2021) pagi menjadi perhatian serius Wakil Bupati Berau Gamalis. Dia secara khusus telah meminta kepada Camat Biduk-biduk untuk menutup sementara lokasi wisata danau dua rasa itu.

Pentupan itu dilakukan hingga nanti situasi benar-benar kondusif bagi wisatawan yang datang.

“Sudah sudah saya minta tutup dari aktivitas apapun,”ujarnya, Rabu sore.

Selama penutupan lokasi wisata tersebut, Gamalis juga meminta kecamatan, pemerintah kampung bersama kepolisian, TNI dan masyarakat untuk melakukan penyisiran ke semua titik yang disinyalir menjadi tempat buaya muncul. Termasuk di Sungai Lempot.

Bahkan, dalam proses penyisiran jika memang diperlukan tenaga pawang buaya. Ia menyarankan camat untuk memanfaatkan pawang buaya yang ada.

“Kalau memang harus pakai pawing buaya saya minta pakai pawang itu. Biar semua buaya lain kalau memang ada lagi busa tertangkap,” tegasnya.

Simak juga video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evakuasi Buaya

Buaya yang diamankan warga bersama aparat itu saat ini masih tertahan di sekitar Danau Labuan Cermin. Namun kondisinya sudah terikat dan terus dipantau oleh warga dan aparat.

Terpisah, Kepala Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur Dheny Mardiono saat dikonfirmasi mengatakan, tim dari BKSDA telah menuju Kecamatan Bidukbiduk untuk melakukan evakuasi.

“Kami sudah komunikasi dengan BKSDA. Mereka nanti akan ambil alih buaya ini. Sekarang mereka mau buatkan kandang evakuasi terlebih dahulu,” ujar Dheny Mardiono.

Rencananya, predator air itu akan dilepasliarkan ke penangkaran buaya di Kota Tarakan atau Balikpapan.

“Lokasi pastinya masih kami koordinasikan,” tutupnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.