Sukses

Polisi Tutup 10 Ruas Jalan Saat Malam Pergantian Tahun di Bandung

Liputan6.com, Bandung - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung akan menutup 10 ruas jalan saat malam pergantian tahun 2022. Kesepuluh lokasi merupakan titik potensial terjadinya kerumunan saat malam pergantian tahun.

Kanit Kamsel Satlantas Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Asep Kusmana mengatakan, penutupan jalan dilakukan di ring satu. Di mana lokasi tersebut berpotensi terjadinya penumpukan massa. Rekayasa lalu lintas penutupan jalan ini akan dilaksanakan mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB.

"Nantinya di setiap titik akan dijaga petugas dari petugas satlantas, dishub, dan satpol PP," kata Asep di Bandung, Kamis (2/12/2021).

Adapun kesepuluh titik penutupan di antaranya Jalan Asia Afrika, Jalan Naripan, Jalan Braga, Jalan Banceuy, dan Jalan Lembong (Patung Bola).

Selanjutnya, Jalan Merdeka (Merdeka-Riau, Merdeka-Aceh, Sumatra-Aceh, Wastukencana-Aceh), Jalan Dago (Cikago-Simpang Dago), Jalan Purnawarman, Jalan Dipatiukur, dan Jalan Alun-Alun Timur.

Asep menjelaskan, selain ke-10 titik tersebut, pihaknya juga akan melakukan penutupan yang disesuaikan dengan kondisi tempat. Misalnya, akses ke tempat keramaian yang sudah melampaui batas kapasitas maksimum.

"Saat malam tahun baru kan PPKM level 3. Nanti ada pembatasan kapasitas 50 persen yang diperbolehkan, kalau sudah melebihi kapasitas akan dilakukan rekayasa di arah masuk lokasi tersebut," ujarnya.

Dalam penutupan jalan nanti, Asep mengaku ada pengecualian bagi sejumlah kendaraan yang memiliki kepentingan mendesak. Selain itu, penutupan 10 titik ini hanya berlaku pada malam pergantian tahun saja. Sedangkan, saat malam perayaan Natal, pihak kepolisian hanya melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas.

"Kalau Natal itu kan perlu akses menuju ke gereja, nanti dijaga oleh petugas. Jumlah petugas gabungan yang akan dikerahkan saat libur Nataru 2022 ada 550 orang," tuturnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini