Sukses

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Banten Kebut Vaksinasi Lansia

Liputan6.com, Banten - Polda Banten menggelar vaksinasi ke seribu lansia di kantor Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Bagi masyarakat yang kerap bepergian ke Tanjung Lesung maupun Taman Nasional Ujung Kulon, pasti melewati daerah tersebut.

Percepatan vaksinasi ke kaum lansia salah satunya untuk mengejar herd immunity sebelum masa libur natal dan tahun baru (nataru). Dimana, capaian vaksinasi di Kabupaten Pandeglang masih rendah.

Vaksinasi di Kabupaten Pandeglang untuk dosis pertama baru menyasar 413.724 orang atau 42,11 persen. Sedangkan untuk dosis lengkap, baru 182.265 orang atau 18,55 persen.

"Terimakasih atas pelaksanaan keroyok vaksinasi di Panimbang saat ini, serentak diadakan di seluruh Polda di Indonesia untuk percepatan vaksinasi, terutama terhadap warga lansia menjelang Natal dan Tahun Baru," kata Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto, Sabtu (27/11/2021).

Lansia dan masyarakat umum yang sudah selesai di vaksin, diberi sembako gratis oleh Polda Banten. Polri, TNI dan pemerintah masih terus mengejar vaksinasi, minimal 70 persen dari total masyarakat, agar tercipta herd immunity. Vaksinasi dikebut agar sebelum libur nataru, herd immunity bisa terbentuk.

"Melalui keroyok vaksinasi ini, kami berharap tidak muncul peningkatan angka konfirmasi Covid-19 dan mereduksi fatalitas Covid-19 terutama jelang Nataru ini," terangnya.

2 dari 2 halaman

Kerahkan Vaksinator Polres

Daerah atau wilayah hukum Polda Banten yang capaian vaksinya sudah memenuhi standar herd immunity, tenaga vaksinatornya dikerahkan untuk memvaksin Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Lebak yang capaian vaksinya masih rendah.

Berdasarkan data yang dirilis dari Polda Banten, untuk Kabupaten Serang vaksinasi dosis pertama baru mencapai 449.891 orang atau 35,71 persen, dosis kedua sebanyak 237.351 orang atau hanya 18,84 persen.

Kemudian Kabupaten Lebak, dosis pertama sudah menyasar 592.412 orang atau 55,62 persen dan dosis kedua sebanyak 309.066 orang atau 29,02 persen. Kemudian di Kabupaten Pandeglang, dosis pertama baru menyentuh 413.724 orang atau 42,11 persen dan dosis kedua sebanyak 182.265 orang atau hanya 18,55 persen.

"Vaksin dan vaksinator dari Polresta Tangerang, Serang Kota dan Polres Cilegon kami alihkan ke wilayah Pandeglang, Lebak dan Serang, sehingga ketiga kabupaten tersebut bisa mencapai 70 persen vaksinasi jelang Natal dan Tahun Baru," jelasnya.