Sukses

Hari Santri Nasional, GP Ansor Rembang Luncurkan Program 'Sobat Bayar'

Liputan6.com, Rembang - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Rembang memanfaatkan momentum peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober untuk meluncurkan program "Sobat Bayar" bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) Perwakilan Cabang Pati, Jawa Tengah.

Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Rembang, Nadhif Shidqi menjelaskan, adanya program tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari kerja sama PT Pos Indonesia dengan Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor pada bulan Juli 2021 silam.

"Ini sebuah batu loncatan dalam menata gerak laku perekonomian anggota, kader, dan organisasi Ansor di Kabupaten Rembang," ucap Gus Nadhif, sapaan Nadhif Shidqi, Jumat (22/10/2021).

Menurutnya, peluncuran program "Sobat Bayar" yang dilaksanakan di Gedung Hijau, Komplek Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang ini merupakan starting point untuk memberdayakan sekaligus meningkatkan perekonomian anggota dan kader GP Ansor.

Adanya program tersebut adalah bentuk usaha keagenan yang lahir dari kerja sama GP Ansor dengan PT Pos Indonesia dengan tujuan untuk membangun ekonomi rakyat melalui kader.

"Dengan pola kemitraan, melayani masyarakat melalui unit usaha, dan melahirkan lebih banyak enterpreuneur dalam membangun ekonomi," kata Gus Nadhif.

Ia mengharapkan perekonomian masyarakat akan bangkit bersama "Sobat Bayar" sebagai program pemberdayaan dan pendampingan dalam membangun UMKM.

Sementara itu, Perwakilan PT Pos Indonesia Cabang Pati, Arief Budi Hartanto mengatakan, PT Pos pusat sudah melakukan MoU dengan GP Ansor yang sifatnya nasional terkait program "Sobat Bayar".

"Sobat Bayar ini khusus untuk Ansor. Intinya kita analogikan, mesinnya dari PT Pos, sedangkan brand merek-nya yang punya khusus GP Ansor," ucap Arief, sapaannya.

Arief mengatakan, sebuah kebanggaan bagi PT Pos Indonesia bisa bekerja sama dengan GP Ansor yang memiliki jutaan kader yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Menurutnya, program "Sobat Bayar" merupakan pemanfaatan layanan Pos meliputi pengelolaan agen pos berupa gerai fisik dan layanan bergerak.

"Agen pos Sobat Bayar merupakan pengembangan jaringan PT Pos Indonesia melalui kerja sama kemitraan dengan GP Ansor," terangnya.

Lebih lanjut, Arief menyampaikan bahwa untuk para anggota GP Ansor dapat membuka agen pos "Sobat Bayar" sebagai mitra Pos dan mendapatkan sharing fee atas transaksi yang dilakukan melalui agen pos tersebut.

"Dalam pola kerja sama ini, anak perusahaan Pos yaitu PT Pos Finansial Indonesia sebagai pengembang aplikasi akan turut mengawal implementasinya," katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 ini, para tamu yang hadir tampak tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan sebagainya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini: