Sukses

Miris, Pensiunan Polisi di Semarang Terpaksa Ngamen Jadi Manusia Silver

Semarang - Selain di Tangerang Selatan, video penangkapan manusia silver juga ada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Kasus manusia silver di Semarang tak kalah mengundang keprihatinan.

Pasalnya, pengamen silver yang ditangkap itu adalah seorang pensiunan polisi.

Akun instagram @satusuaraexpressofficial seperti dilihat, Minggu (26/09/2021), mengunggah video detik-detik Satpol PP Kota Semarang menangkap sang manusia silver.

Awalnya manusia silver sedang berjalan di samping sungai. Tiba-tiba dua personel Satpol PP yang mengenakan kaos berwarna merah langsung menangkapnya.

Mengutip Solopos.com, manusia silver yang ternyata telah berusia senja ini berusaha melarikan diri. Namun ia akhirnya tertangkap beberapa petugas.

Saat diinterogasi di Kantor Satpol PP Kota Semarang, terkuak identitas manusia silver tersebut. Ternyata ia merupakan pensiunan polisi.

Hal itu diketahui dari identitas kartu penduduknya. Manusia silver ini diketahui bernama Agus Dartono kelahiran Batang, Jawa Tengah.

Semoga nasib bapak ini mendapat perhatian dari pimpinan Polri atas pengabdian terhadap bangsa dan negara,” tulis keterangan caption akun tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Colek Ganjar dan Jokowi

Unggahan video itu langsung menarik perhatian warganet.

Tak sedikit dari mereka yang memention akun instagram Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Presiden Joko Widodo.

Pak @ganjarpranowo minta tolong perhatiannya pak, suwun,” ucap akun @tibrizi**.

Kasihan nasib pensiunan, karena pensiun yang diterima sangat kecil harus jadi pengemis,” kata akun @gue**.

Aksi pensiunan polisi silver itu memantik rasa iba Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Lutfi. Orang nomor satu di jajaran kepolisian di Jawa Tengah itu memberikan bantuan uang dan sembako kepada Agus.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy, mengatakan Kapolda menaruh perhatian besar terhadap peristiwa yang menimpa Agus. Terutama, setelah video pensiunan polisi yang menjadi manusia silver itu viral di media sosial.

 

3 dari 3 halaman

Pensiunan Aipda

“Video viral sekitar Sabtu [25/9/2021] pukul 11.00 WIB. Satu jam berselang, Kapolda langsung memberikan bantuan melalui seorang staf, AKBP Purbaya. Beliau langsung menyerahkan bantuan ke rumah Agus,” ujar Iqbal dalam keterangan resmi.

Iqbal mengatakan Agus merupakan pensiunan polisi berpangkat Aipda atau ajun inspektur dua. Sebelum pensiun, Agus bertugas di Poslantas Tembalang.

Agus kini tinggal bersama istri di kawasan Candisari, Kota Semarang. Alasan Agus mengamen dengan berdandan manusia silver dikarenakan faktor ekonomi.

Meski demikian, Agus malu meminta bantuan kerabat atau rekannya hingga akhirnya menjadi manusia silver.

Selain Kapolda, Iqbal mengaku bantuan kepada pensiunan polisi yang menjadi manusia silver itu juga datang dari Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol. Irwan Anwar.

Kapolrestabes memberikan bantuan dan berjanji akan memberikan pekerjaan yang layak bagi pensiunan polisi itu. Menurut Iqbal, Agus akan menghadap langsung ke Kapolrestabes Semarang pada Senin (27/9/2021).

“Kemarin Pak Agus juga sudah menghadap Wakapolrestabes. Ia juga sudah menerima bantuan sejumlah uang dari Kapolrestabes serta iuran rekan-rekan polisi,” imbuh Kabid Humas Polda Jateng.

Dapatkan berita Solopos.com lainnya, di sini: