Sukses

Rumah Tahan Gempa Megathrust untuk Perajin Gula di Pesisir Cilacap

Liputan6.com, Cilacap - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membangun 28 rumah sederhana tahan gempa untuk komunitas perajin gula di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

"Pembangunan rumah tahan gempa ini bagian dari Program Perumahan Komunitas yang diselenggarakan Pemprov Jateng," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di Semarang, Senin.

Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Jateng itu, menyebutkan konstruksi struktur rumah mampu menahan gempa hingga magnitudo 9,4 atau gempa megathrust setelah ditingkatkan kualitasnya.

Pembangunan 28 rumah sederhana tahan gempa bagi komunitas perajin gula ini diinisiasi Pemprov Jateng melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang dibantu oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng.

"Karena ini nanti jadi kompleks sendiri, kami dibantu dari Baznas untuk bikin musalanya," ujar dia, dikutip Antara.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Teknologi Kementerian PUPR

Kepala Disperakim Jateng Wiharnanto mengatakan pembangunan perumahan ini menggunakan teknologi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menggunakan teknologi rumah unggul sistem panel instan (ruspin).

Ia menegaskan bantuan yang diberikan Pemprov Jateng hanya pada sisi bangunan, sedangkan tanahnya diupayakan warga.

"Mereka mengadakan tanah sendiri, membeli tanah sendiri secara iuran, kemudian setelah punya tanah minta bantuan ke kita (Pemprov Jateng, red.) melalui Disperakim kabupaten, kemudian kami bantu rumahnya, satu orangnya Rp35 juta," katanya.