Sukses

Mengintip Antusiasme Warga Mengikuti Vaksinasi Covid-19 Gratis Polres Sikka

Liputan6.com, Sikka - Polres Sikka memberikan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat umum yang ada di kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak bulan Juni hingga bulan September 2021.

Upaya ini dilakukan untuk mempercepat program vaksinasi Nasional yang dicanangkan pemerintah serta mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19 khususnya di Wilayah kabupaten sikka, NTT.

Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., kepada Liputan6.com, Senin (13/9/2021) mengatakan sasaran kegiatan vaksinasi ini adalah warga masyarakat kabupaten Sikka yang sudah terdaftar sebelumnya dan sudah siap untuk di vaksin. Vaksinasi ini menyasar semua kalangan masyarakat.

"Pemberian vaksinasi ini akan terus kami lakukan untuk membantu pemerintah mempercepat penanganan Covid-19 di kabupaten Sikka," ucap dia.

Selama beberapa bulan ini dari bulan Juni hingga September, masyarakat Kabupaten Sikka yang mendapatkan vaksinasi dari Polres Sikka sudah mencapai 9.410.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini pelayanan vaksinasi bagi masyarakat, pihaknya bekerjasama dengan TNI-AL dan dibantu oleh tenaga kesehatan yang sudah bekerjasama dengan Polres Sikka.

Sasaran vaksinasi yaitu masyarakat umum, Lansia (lanjut usia), kelompok usia dewasa, pelaku usaha, masyarakat rentan. Kegiatan vaksinasi ini pun sudah kita lakukan di Gereja dan Mesjid.

“Sementara, sasaran vaksinasi yang di berikan oleh pihak Polri selama 450 hari, tetapi itu tergantung dari ketersediaan vaksin,”ujarnya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Herd Immunity

Ia juga mengatakan, pelayanan vaksinasi Polres Sikka akan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Setiap warga menjalani tahapan mulai dari pendaftaran dengan menunjukan KTP dan KK, proses screening tim medis yang dinyatakan memenuhi syarat langsung dilakukan penyuntikan vaksin, kemudian tahap terkahir yaitu observasi.

“Kami mendorong seluruh masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan vaksinasi ini. Karena tujuannya untuk penanggulangan Covid-19, jangan takut untuk divaksin dan tetap patuhi protokol kesehatan,”sebutnya.

Dirinya berharap dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini, bisa mendorong Pemda agar target vaksinasi harian sesuai target nasional itu bisa terealisasi. Selain itu, dirinya juga mengharapkan agar masyarakat bisa antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi nantinya.

“Meski sudah divaksin, Kapolres menghimbau agar tetap waspada terhadap virus Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5M. Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi. Jangan sampai lalai,” harap Kapolres Sikka.

Sementara Emanuel, salah seorang penerima vaksin COVID-19 mengatakan dirinya merasa senang, sudah bisa divaksin COVID-19 hari ini.

Ia juga menyampaikan, dengan sudah menerima vaksin ini, harapannya dirinya bisa lebih memiliki daya tahan tubuh yang baik di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Saya senang bisa terima vaksin COVID-19 hari ini. Kalau menunggu jadwal pemerintah, saya pasti masih lama waktunya untuk bisa divaksin,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Ini: