Sukses

4 Kafe Kopi dan Buku di Yogyakarta yang Bisa Jadi Pereda Kepenatan

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga punya sederet kafe berkonsep kopi dan buku.

Liputan6.com, Yogyakarta - Konsep kafe di Yogyakarta beragam. Sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga punya sederet kafe berkonsep kopi dan buku.

Menikmati secangkir kopi sembari membaca buku sastra, tentu menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi bila ditambah dengan suasana yang tenang, tentu hal ini bisa menjadi salah satu pereda penat.

Berikut rekomendasi kafe berkonsep kopi dan buku di Yogyakarta.

1. Erha Coffe and Literacy

Berlokasi di Gorongan, Jl Wahid Hasyim, Ngropoh, Caturtunggal, Depok, Sleman. Tempat ngopi yang satu ini menyediakan pojok baca di sudut-sudut kedainya. Tentunya buku di sini boleh dibaca dengan gratis oleh pengunjung.

Bila pengunjung tidak terlalu menyukai kopi, Erha juga menyediakan minuman non-kopi dengan aneka makanan sebagai pengganjal perut. Sementara harga yang dipasang cukup standar mulai dari Rp8.000 hingga Rp25.000.

2. Blanco Coffee and Book

Tempat yang satu ini cukup populer di kalangan mahasiswa yang ingin bersantai sembari menyelesaikan tugasnya. Terletak di Jl Kranggan, Cokrodiningratan, Jetis kira-kira 15 menit dari Yogyakarta membuat tempat ini menjadi sasaran nongkrong muda-mudi.

Meskipun terlihat minimalis, tetapi koleksi buku di kafe Yogyakarta ini cukup lengkap, mulai dari novel hingga jajaran buku sejarah dan filsafat bisa ditemukan di sini. Menu yang disajikan pun harganya cukup murah, mulai dari Rp13.000 hingga Rp30.000.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koleksi Buku Lengkap

3. Berdikari Book

Tempat yang berlokasi di Jalan Elang Jawa, Karangsari, Wedomartani, Ngemplak, Sleman ini selain menyediakan buku yang bisa dibaca di tempat. Kafe ini juga menjual buku.

Meskipun terletak cukup jauh dari pusat kota dan memiliki tempat yang cukup kecil tetapi buku yang disediakan cukup lengkap, mulai dari filsafat, politik, hingga novel dan sastra bisa didapatkan di sini. Tidak hanya menjual buku dari penerbit besar, di sini pengunjung juga bisa menemukan buku yang ditulis oleh penerbit indie dan diterbitkan secara komunitas ataupun pribadi.

Letaknya yang berada di pinggir kota membuat pengunjung bisa betah untuk singgah di sini karena suasananya yang tenang dan udaranya yang sejuk.

4. Basa Basi Coffee

Jangan heran bila tempat yang satu ini dipenuhi oleh mahasiswa dan mahasiswi beralmamater kampus Yogyakarta. Selain memiliki fasilitas yang lengkap tempat yang satu ini juga memasang harga yang amat pas di kantong mahasiswa.

Mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman di sini. Keistimewaan lain dari tempat ini adalah koleksi bukunya yang memenuhi rak. Hampir serupa dengan perpustakaan, bila ingin membaca buku di sini, maka wajib lapor kepada petugas dan menyerahkan identitas diri seperti KTP, KTM, atau SIM.

 

Penulis: Yohana Nabilla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.