Sukses

Hadiah Ratusan Juta Menanti Atlet Sumsel Peraih Medali di PON XX Papua

Gubernur Sumsel Herman Deru melepas kontingen Sumsel yang akan berlaga di PON XX Papua Tahun 2021.

Liputan6.com, Palembang - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, akan berlangsung pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru berjanji, akan memberikan bonus kepada atlet peraih medali emas.

Pernyataan tersebut diucapkannya, saat meresmikan sekaligus melepas kontingen Sumsel yang akan berlaga di PON XX Papua Tahun 2021, di Plaza Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Rabu (15/9/2021).

 

"Kita akan berikan bonus untuk atlet yang berprestasi pada PON XX ini. Kita berikan tambahan Rp300 juta untuk emas," ucapnya.

Menurut Gubernur Sumsel, pemberian bonus tersebut, untuk memantik semangat para atlet yang akan berlaga pada ajang olahraga bergengsi di Indonesia tersebut.

Dia mengharapkan para atlet, harus tetap berupaya agar dapat meraih hasil maksimal. Kendati ada beberapa cabang olahraga (cabor), yang tidak diikutsertakan dalam PON XX Papua. "Pada PON XX Papua nanti, ada pengurangan cabor. Di tengah keterbatasan itu, kita tetap harus fokus, agar prestasi diraih lebih baik dari sebelumnya," ucapnya.

Dia turut menekankan, agar kontingen Sumsel dapat membawa semangat positif dalam perhelatan PON XX di Papua tersebut.

"Ini langkah kita untuk mengobarkan semangat. Ajang PON ini bukan hanya sarana untuk meraih prestasi, tapi di sini kita juga punya misi sebagai pemersatu,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Keramahan Daerah

“Kita harus ada andil dalam menumbuhkan semangat ini, Sumsel harus memulainya," ujarnya.

Menurutnya, kesuksesan Sumsel dalam PON XX di Papua, merupakan tanggung jawab bersama. Termasuk POLRI dan TNI yang turut dikirimkan untuk mendampingi kontingen.

Mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur ini berpesan kepada para atlet, agar tetap menjaga keramahan sebagai masyarakat Sumsel.

"Kontingen yang diberangkatkan ini merupakan orang-orang terpilih. Mereka akan menjadi duta bagi keramah tamahan dan spirit Sumsel. Terus jaga kesehatan dalam menjalankan misi ini," katanya.

3 dari 3 halaman

Kesiapan Atlet Sumsel

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel Hendri Zainuddin menuturkan, ada 102 orang atlet yang dikirimkan untuk mengikuti ajang tersebut.

Termasuk juga ada 47 orang pelatih dan 13 orang official yang akan diberangkatkan ke PON XX di Papua mendatang.

“Ada 16 orang aparat keamanan juga, turut mendampingi kontingen pada PON XX Papua ini," katanya.

Dia menyebut, kontingen Sumsel tersebut akan diberangkatkan secara bertahap. Dimulai pada tanggal 16 November 2021 hingga 1 Oktober 2021 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.