Sukses

Apa Kabar Proyek Ambisius Revitalisasi Kawasan Wisata Situ Bagendit Garut?

Liputan6.com, Garut - Progres pembangunan proyek ambisius revitalisasi kawasan objek wisata Situ Bagendit, di Kecamatan Banyuresmi, Garut, Jawa Barat, belum menyentuh angka 50 persen.

Padahal di rencana awal, pemerintah pusat menargetkan Adhi Karya, sebagai pelaksana proyek berbudget lebih dari Rp100 miliar itu, mampu menyelesaikan gawean ini hingga akhir tahun 2021.

“Berdasarkan laporan dari Adhi Karya itu (progres baru) 40 persen, dan saya minta untuk selesai itu, sayang kalau tidak selesai, Desember harus selesai,” ujar Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat meninjau proses pembangunan Situ Bagendit, Senin (13/9/2021).

Menurutnya, proses pembangunan seluruh fasilitas objek wisata Situ Bagendit harus sesuai dengan jadwal yang telah dibuat pemerintah, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Saya minta selesai, agar terserap, makannya saya barusan kunjungan,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, orang nomor dua di Garut tersebut, terlihat murung dengan sejumlah capaian progres pembangunan yang dilakukan perusahaan konstruksi plat merah milik pemerintah tersebut.

“Minggu depan saya kunjungan lagi,” ujar dia benjanji melihat progres pembangunan.

Untuk memastikan seluruh pekerjaan, Helmi sengaja mendatangi hampir seluruh gate pembangunan objek wisata Situ Bagendit. “Barusan (yang ditinjau) gate 1 dan gate 3, minggu depan saya liat di gate 2, sebenarnya ini masih jauh (dari terget) ya,” ujarnya sedikit menyindir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simal juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pengawasan

Bagi Helmi, penyelesaian pekerjaan yang sesuai dengan rencana yang telah ditentukan pemerintah pusat, harus menjadi perhatian Adhi Karya agar menghasilkan fasilitas wisata yang berkualitas.

“Saya juga akan kumpulkan di situ yang dinas-dinas terkait, kemudian juga pelaksana, kemudian tadi juga konsultannya juga hadir, untuk apa ? Supaya ini selesai, karena ini manfaatnya harus segera dirasakan oleh masyarakat Garut khususnya,” ujar dia.

Dengan pengawasan itu, politikus Partai Keadilan Sejahtera itu berharap progres pengerjaan pembangunan objek wisata bertaraf internasional tersebut, selesai tepat waktu dan berkualitas sesuai rencana.

“Mudah-mudahanlah dengan kita terus melakukan evaluasi, pengawasan, mudah-mudahan lebih cepat lagi dalam pekerjaan,” pinta dia berharap.

Seperti diketahui, dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) Februari  2019 lalu, Jokowi berjanji untuk mengubah kawasan wisata Situ Bagendit menjadi destinasi wisata kelas dunia di Jawa Barat.

Total anggaran hingga Rp120 miliar digelontorkan Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat untuk merealisasikan proyek ambisius tersebut. Rinciannya sekitar Rp100 miliar berasal dari anggaran pusat, sisanya Rp20 miliar dari Provinsi Jawa Barat.

"Saya berharap 2020 adalah tahun membangun dan 2021 bisa diresmikan,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau kang Emil saat itu berharap.