Sukses

Hujan Deras, Rumah Warga di Balikpapan Jebol Diterjang Longsor

Longsor kembali terjadi di Balikpapan, setelah hujan deras mengguyur Kota Minyak sejak Kamis (9/9/2021) subuh.

Liputan6.com, Balikpapan - Longsor kembali terjadi di Balikpapan, setelah hujan deras mengguyur Kota Minyak sejak Kamis (9/9/2021) subuh.

Kali ini longsor terjadi di RT 40 Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Satu rumah milik Taman (65) jebol bagian dindingnya lantaran diterjang tanah longsor. Longsor tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 Wita.

"Awalnya saya lihat dinding di ruang keluarga mulai retak, jadi saya minta anak-anak ke luar rumah," ujar Taman saat ditemui Liputan6.com di rumahnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tembok Rumah Jebol

Tak lama berselang, retakan semakin melebar dan tembok rumah pun jebol dihantam tanah longsor. Akibatnya, sejumlah perabot rumah tangga rusak akibat terkena material tanah dan tembok bata. Beruntung, seluruh anggota keluarganya tidak menjadi korban dalam kejadian tersebut.

"Alhamdulillah selamat semua, kerugian material saja sekira Rp 25 juta," ucapnya.

Meski sudah diterjang longsor, Taman beserta keluarganya tetap tinggal di rumah tersebut, sambil melakukan perbaikan.

"Selain menembok ulang, rencananya nanti dibangun siring biar lebih aman," katanya.

3 dari 3 halaman

Bantuan untuk Korban

Di lokasi yang sama Ketua RT 40 Kelurahan Gunung Bahagia, Sutopo, pihaknya bersama warga akan membantu proses pembersihan material.

"Warga gotong royong membersihkan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan kelurahan untuk memasang terpal di sekitar longsoran," timpalnya.

Tim relawan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turut hadir membantu membersihkan lokasi longsor, serta memasang terpal agar tidak terjadi longsor susulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.