Sukses

Walkot Eti Herawati Optimis Herd Immunity di Cirebon Tercipta Akhir Tahun 2021

Pemkot Cirebon optimis herd immunity atau kekebalan kelompok bakal tercipta pada Desember 2021 mendatang.

Liputan6.com, Cirebon - Pemkot Cirebon optimis herd immunity atau kekebalan kelompok bakal tercipta pada Desember 2021 mendatang.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan kasus Covid-19 sudah mulai menurun. Namun, masyarakat tetap diminta waspada dan patuhi protokol kesehatan.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh jajaran nakes dari perawat sampai driver dan petugas yang menguburkan jenazah. Pandemi turun dan tingkat hunian juga turun," kata Eti di acara pelepasan dan pemberian penghargaan di Hotel Onos Cirebon, Selasa (7/9/2021).

Dia menyebutkan, menurunnya tingkat hunian pasien isolasi terpadu (isoter) di dua hotel yang disewa Pemkot Cirebon per tanggal 1 September 2021.

Jumlah pasien yang melakukan isolasi terpadu saat itu hanya lima sampai enam orang. Eti mengaku, dalam penanganan covid-19 Pemkot Cirebon telah berupaya memberikan kenyamanan.

"Per 1 September 2021 sudah tidak ada lagi isoter di Hotel Onos maupun Langensari. Tetap jaga prokes dan berharap kasus tidak naik lagi," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon Edy Sugiarto mengatakan, program vaksinasi Covid-19 tetap berjalan. Bahkan, kata dia, pasokan vaksin di Kota Cirebon bertambah.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capaian Vaksin

Dia mengimbau bagi masyarakat Kota Cirebon yang belum di vaksin agar mendaftar di puskesmas wilayah masing-masing.

"Moderna juga sudah ada tapi masih fokus ke nakes. Yang ingin datang lagi vaksin Pfizer dan Sinovac ini untuk warga yang belum divaksin," kata Edy.

Edy menyebutkan, saat ini capaian vaksinasi Covid-19 Kota Cirebon sudah mencapai 61,44 persen. Sekitar 15 persen lagi menuju herd immunity atau kekebalan kelompok.

Dia optimis, Desember 2021 mendatang Kota Cirebon mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Menurut Edy, salah satu instansi yang berperan penting dalam capaian vaksinasi adalah TNI / Polri.

"Kita juga harus berterima kasih kepada TNI Polri karena stok vaksinnya tidak terbatas. Dan ketika pemda kehabisan stok TNI Polri sangat membantu," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.