Sukses

KILAS NUSANTARA: Fakta di Balik Video Viral Gua Emas di Deli Serdang

Berikut berita-berita dari berbagai daerah yang dirangkum Liputan6.com dalam Kilas Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Video berisi penampakan emas menempel pada dinding gua di Delu Serdangm Sumut, viral di media sosial. Video yang mendapat respons beragam dari warganet itu diambil di Gua Tao 8 Putri. Dalam video tersebut terdengar orang yang menyebut ada emas tapi tidak boleh diambil lantaran gua tersebut dianggap sacral.

Terkait video viral itu, Budiman, Camat STM Hulu, wilayah tempat gua tersebut berada mengatakan, tidak benar serpihan warna kuning itu adalah emas. Kalau benar itu emas, katanya, sudah lama itu menjadi heboh. Apalagi gua itu sangat dekat dengan permukiman warga. Hal senada juga diungkapkan ahli geologi, yang menyebut itu bukanlah emas, melainkan hanya logam biasa yang mengandung sulfut.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral Video Satpol PP Tendang Pemuda Mabuk

Video anggota Satpol PP Blora menendang wajah pemuda mabuk viral di media sosial. Video itu bahkan diunggah ulang oleh banyak akun media sosial. Dalam video tersebut tampak para pemuda sedang diamankan petugas Satpol PP lantaran mabuk. Namun tiba-tiba saja salah seorang petugas Satpol PP menendang pria yang sedang jongkok pada bagian wajahnya.

Melihat kawannya ditendang hingga terjungkal, teman-temannya tak berani melawan. Usut punya usut, video tersebut diambil di Karangboyo, Cepu, Blora, Jawa Tengah. Peristiwanya terjadi pada 20 Agustus 2021. Terkait video tersebut, Kepala Satpol PP Blora Djoko Sulistiyono menyebut awalnya Satpol PP mendapat laporan warga ada sekelompok ABG mabuk-mabukan di depan indekos. Lalu petugas Satpol PP datang mengamankan. Djoko mengaku kasus ini sudah selesai usai keduanya saling meminta maaf.

 

3 dari 3 halaman

Fakta di Balik Video Viral Percobaan Penculikan Bocah di Magelang

Kabar seorang bocah menjadi korban percobaan penculikan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, viral di media sosial. Polisi sempat turun tangan melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Namun yang yang tidak masuk di akal, anak tersebut bisa membebaskan diri dengan tangan terborgol. Usut punya usut video percobaan penculikan itu ternyata hoaks alias bohong.

Awalnya sang anak bermain di rumah tetangganya yang mantan linmas. Ada borgol menganggur kemudian dimainkan dan akhirnya terkunci di tangannya. Usai tangannya terborgol, si anak langsung pulang ke rumahnya. Lantaran takut dimarahi orangtuanya, si anak mengarang cerita bahwa dirinya mau diculik. Yang menarik sang ibu lantas membuat video anaknya yang sedang terborgol dan menyebarkannya di media sosial dengan informasi anaknya menjadi korban percobaan penculikan. Kabar tersebut pun membuat heboh banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.