Sukses

Semangat Nasionalisme dari Puncak Gado-Gado Padang

Warga antusias ikuti upacara HUT ke-76 RI.

Liputan6.com, Padang - Dari sebuah kampung kecil Kelurahan Bukik Gado-Gado Kota Padang, Sumatera Barat, lagu Indonesia Raya berkumandang memperingati HUT ke-76 RI, 17 Agustus 2021 pagi.

Kelurahan Bukik Gado-Gado berada di daerah perbukitan yang menghadap langsung ke laut Samudra Hindia. Pelajar hingga ibu-ibu ikut andil dalam proses upacara yang dipimpin langsung oleh lurah.

Jalanan yang kecil dengan lebar satu meter, naik turun dan sedikit licin tak menghalangi semangat peserta upacara berangkat ke lapangan.

Upacara dimulai sekitar pukul 08.30 WIB yang berlangsung dengan khidmat dan menerapkan protokol kesehatan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Lurah Bukik Gado-Gado, Yandedi Nur mengatakan meski pandemi Covid-19 masih melanda, tetapi dengan semangat nasionalisme di kampungnya upacara tetap dilakukan.

"Kami berharap melalui momentum HUT ke-76 RI ini dapat menumbuhkan rasa kebangsaan, kemerdekaan kepada generasi muda," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (17/8/2021).

Ia menyebut, generasi sekarang harus memaknai kemerdekaan dengan melakukan hal-hal positif, yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak.

Para pejuang sudah bersusah payah berjuang melawan penjajah, sehingga saat ini adalah tugas bersama untuk mempertahankannya.

Yandedi menyampaikan, upacara memperingati HUT ke-76 RI ini, sudah dua kali dilakukan di lokasi yang sama. Meski kondisi kampung yang seadanya, masyarakat tetap semangat berdatangan.

Namun, pihaknya tak memperbolehkan warga melakukan kegiatan perlombaan sesuai dengan surat edaran pemerintah.

"Perlombaan tidak ada, ini juga demi kebaikan bersama," ia menambahkan.

Saksikan juga videpo pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.