Sukses

Makna Kalis Saking Pancabaya Tema Besar HUT ke-652 Cirebon dan Tahun Baru Islam

Tema HUT ke-652 Cirebon tersebut juga menjadi motivasi untuk warga agar tetap semangat menghadapi pandemi dengan hati yang kuat dan sehat serta bahagia.

Liputan6.com, Cirebon - Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat dan harapan pemerintah daerah dalam merayakan hari jadi ke-652 Cirebon.

Hari jadi Cirebon yang bersamaan dengan peringatan Satu Muharam tersebut memiliki arti dan harapan tersendiri. Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan, tema hari jadi Cirebon tahun ini adalah Kalis Saking Pancabaya.

Menurut dia, tema tersebut memiliki arti dan harapan tersendiri. Azis mengatakan tema tersebut bentuk harapan agar Cirebon Rahaya.

"Agar Cirebon terhindar dari segala macam marabahaya. Baik itu dari tanah, udara, bahaya dari semua yang bisa akan menimpa warga Kota Cirebon. Itulah harapan dari tema Cirebon Rahayau Kalis Pancabaya,” kata Azis, Selasa (10/8/2021).

Dia mengatakan, tema HUT ke-652 Cirebon tersebut juga menjadi motivasi untuk warga agar tetap semangat menghadapi pandemi dengan hati yang kuat dan sehat serta bahagia.

Dia yakin, pandemi Covid-19 di Kota Cirebon bisa selesai dan masyarakat kembali hidup normal seperti sedia kala.

"Yakin Insya Allah kita bisa segera menghadapi dan melalui wabah pandemi Covid-19 ini," ujar dia.

Dalam rangkaian prosesi HUT Ke-652 Cirebon tahun ini digelar sederhana. Kegiatan diawali dengan Rapat Paripurna Istimewa di Ruang Griya Sawala DPRD Kota Cirebon.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indeks Pembangunan Masyarakat Naik

Saat memberikan sambutan di Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Cirebon, Azis mengungkapkan selama dua tahun terakhir pencapaian Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) di Kota Cirebon mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Yakni pada tahun 2018 sebesar 74,35 persen dan tahun 2019 sebesar 74,92 persen.

“Angka ini melampaui capaian IPM Jawa Barat yaitu 72,03,” ungkap Azis.

Tidak hanya capaian IPM yang melampaui Jabar, sejumlah penghargaan juga berhasil diraih oleh Pemda Kota Cirebon selama dua tahun terakhir.

Seperti penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Daerah selama 5 tahun berturut-turut. Selain itu, penghargaan atas prestasi penyelenggaraan pemerintah daerah dengan status Kinerja Sangat Tinggi berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) pada 25 April 2020.

Selanjutnya predikat nilai “B” (Baik) atas hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.