Sukses

1000 Stars For Hope, Melipat Bintang Membangun Harapan

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Origami Indonesia sebagai wadah pemersatu para pelipat origami saat ini sedang mengadakan Program 1000 Bintang Harapan atau 1000 Stars For Hope. Kegiatan ini berupa melipat bentuk bintang yang dibuat oleh pelipat dari Indonesia dan internasional selama periode 23 Juli hingga 24 Agustus 2021.

Kegiatan ini bersumber pada ide seorang pelipat Indonesia yang tinggal di Malaysia yaitu Kiki Esmeralda dan mendapat dukungan penuh oleh Ketua Asosiasi Origami Indonesia, Linda Marlina. Program 1000 bintang harapan ini dilandasi oleh rasa kepedulian para pegiat origami terhadap warga dunia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Kondisi pandemi membuat semua orang harus berjuang dan bertahan, perjuangan para tenaga kesehatan, orang-orang yang kehilangan pekerjaan dan kehidupan perekonomian yang kian memburuk, itulah yang mendorong kami untuk ada gerakan saling menguatkan." Ujar Linda Marlina, di sela persiapannya mengikuti program origami marathon internasional di Bolivia dan Konvensi origami ke-4.

"Program ini berusaha memotivasi orang-orang untuk tetap semangat dan tetap berkreasi dengan cara positif, bahwa harapan itu akan selalu ada," lanjutnya.Program 1000 Bintang Harapan / 1000 Stars For Hope.

Terutama dengan kondisi harus diam atau bekerja dirumah, paling tidak mendorong mereka untuk mengalihkan sejenak hirup pikuk menyedihkan dan melemahkann jiwa dari efek pandemi.

Program 1000 Stars For Hope ini adalah yang pertama kali diselenggarakan oleh AOI (Asosiasi Origami Indonesia ) dan didukung oleh pegiat origami lokal maupun luar negeri. Setiap orang bisa terlibat dalam program ini, mereka bisa melipat minimal 10 bentuk bintang karya pelipat nasional dan akan mendapat sertifikat penghargaan. Sementara yang dari luar negeri bisa melipat 10 origami bintang dengan desainer dan warna bebas.

Setiap lipatan bisa dimuat media sosial ( Instagram atau Facebook) dengan mencantumkam hastag aoi_1000 starsforhope dan asosiasi origami Indonesia. Berkenaan dengan itu tiap orang yang ingin melihat berbagai lipatan bintang bisa lihat di instagram aoi_ 1000starsforhope.

Wantie Halim, penulis di Bali, pegiat origami