Sukses

Suara Gemuruh Kembali Terdengar di Bandung, Begini Analisis BMKG

Liputan6.com, Bandung - Suara gemuruh misterius terdengar di langit Kota Bandung pada Senin (26/7/2021) malam sekitar pukul 23.13 WIB dari wilayah Cibogo, Sarijadi. Adapun suara gemuruh yang muncul dilaporkan terdengar seperti pesawat yang terbang rendah.

Rekaman suara gemuruh tersebut dibagikan akun Instagram @infobandungkota berdurasi 20 detik. Sejumlah warganet pun turut mendengar suara tersebut.

"Pesawat dari Husein (bandara) soalnya saya juga denger dari rumah saya," kata akun @trulywiseman.

Terkait fenomena gemuruh yang terdengar di Kota Bandung tersebut, Badan Meteorolgi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memaparkan analisisnya.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, pertama bahwa sekitar pukul 23.13 WIB tak ada aktivitas gempa bumi di Kota Bandung berdasarkan rekaman seismograf. Kedua, pihaknya pun tak melacak adanya suara petir pada waktu tersebut.

"Berdasarkan monitoring Lightning Detector sekitar pukul 23.13 WIB tersebut tidak terdeteksi aktivitas petir," ucap Teguh, Selasa (27/7/2021).

Menurut Rahayu, dari data kemagnetan di wilayah Sarijadi dan sekitarnya pukul 23.13 WIB sampai pagi tadi tidak ada gangguan yang signifikan. Selain itu, berdasar informasi yang diperoleh dari BPBD Jabar, tak ada masyarakat yang terdampak dari adanya suara gemuruh tersebut.

"Maka dari itu, belum dapat dipastikan asal muasal suara gemuruh tersebut," kata Teguh.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.