Sukses

Mengintip Pendopo Megah Soimah di Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Melalui channel Youtube-nya yaitu ShowImah TV, Soimah mengajak Dodit Mulyanto berkeliling melihat bangunan megah yang baru saja ia bangun. Soimah membangun pendopo megahnya di Yogyakarta.

Pembangunan pendopo tersebut berawal dari keinginan Soimah untuk pengembangan seni di daerahnya. Ia juga berniat membantu melestarikan kegiatan pelaku seni di Yogyakarta.

"Kalau konsep awal membuat ini adalah yang pertama memberi wadah teman-teman untuk berkesenian, berkesenian apa pun itu. Mau karawitan, mau tari, mau teater, mau wayang, mau seni rupa, mau opo," kata Soimah saat menjelaskan melalui channel Youtube-nya.

Bukan Soimah namanya jika tanpa banyolan lucu. Ia mengaku membangun pendopo tersebut juga untuk menambah pundi-pundi rupiah.

"Sekalian ben iso dadi duit barang. Disewake nggo manten, nggo meeting, ono studione rekaman (Sekalian biar bisa menghasilkan uang juga. Disewakan untuk acara pernikahan, meeting, di sini pun ada studio untuk rekaman)," tutur Soimah menjelaskan fasilitas di pendopo yang ia miliki.

Sementara, melalui channel Youtube deHakims milik Irfan Hakim, terlihat pendopo Soimah tersebut dibangun dari beberapa kayu jati. Di sana juga terdapat kayu jati yang lebarnya kurang lebih 40 sentimeter.

Kayu jati berukuran besar tersebut berfungsi sebagai soko guru (tiang penyangga utama). Soko guru sendiri diambil dari bahasa jawa kawi (kuno), soko artinya tiang penyangga dan guru artinya utama. Di langit-langit empat soko guru terdapat ukiran kayu yang disebut dengan nama Dodo Besi berukuran 60 x 45 sentimeter.

 

(Nurul Fajri Kusumastuti)

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: