Sukses

6 Kuliner Yogyakarta yang Memikat Hati Youtuber Amerika Luke Martin

Liputan6.com, Yogyakarta- Kuliner Yogyakarta yang beragam ternyata menarik perhatian Luke Martin, seorang Youtuber asal Amerika Serikat. Dalam unggahan video di channel Youtubenya, Luke Martin membagikan pengalamannya saat menjelajahi kuliner Yogyakarta.

Berikut enam kuliner Yogyakarta yang disambangi Luke Martin

1. Lupis Mbah Satinem

Luke Martin mengaku mengetahui jajanan fenomenal ini dari program acara “Street Food Asia”. Setelah merasakan lupis yang berada di Jl. Bumijo, Jetis ini ia mengaku rela mengantre setiap pagi untuk merasakan lembutnya kue lupis bertabur parutan kelapa yang dibalut manisnya saus gula jawa. Kalian hanya perlu mengeluarkan Rp 10.000 per porsinya untuk menikmati jajanan ini.

2. Gudeg Mbah Lindu

Datanglah ke Jl. Sosrowijayan, No. 30, Yogyakarta jika kalian ini menikmati khas Yogyakarta yang fenomenal ini. Saat menyantap gudeg tersebut, Luke Martin mengaku merasakan perpaduan antara olahan nangka yang disebut gori dan uniknya rasa santan memberikan pengalaman wisata kulinernya menjadi menarik.

Selain itu, ia mengaku nasi gudeg yang juga dilengkapi dengan telur dan ayam menambah nilai kenikmatan. Jajanan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20.000 per porsi.

3. Mangut Lele Mbah Marto

Lele olahan Mbah Marto ini bisa kalian nikmati di rumah makannya yang berada di Jl. Sewon Indah, Bantul, Yogyakarta. Di sana kalian bisa melihat langsung proses olahan ikan lele tersebut.

Melalui videonya, Luke Martin memasuki dapur tempat Mbah Marto dan pegawai mengolah ikan lele tersebut. Awalnya lele sebanyak 80 hingga 100 ekor itu dibakar secara bersamaan dengan serabut kelapa sebagai bahan bakarnya.

Setelah itu, kalian dapat melihat ratusan cabai sebagai bahan utama dari olahan mangut lele tersebut. Selain mangut lele sebagai olahan utama, Mbah Marto juga menyediakan makanan pendamping lainnya. Kuliner Yogyakarta ini bisa memanjakan perut hanya dengan mengeluarkan uang mulai dari Rp 20.000 untuk seporsi mangut lele.

 

2 dari 3 halaman

Teringat Ramen

4. Bakmi Mbah Hadi

Luke Martin terkejut dengan keberadaan lokasi Mbah Hadi berjualan bakminya. Pasalnya, SPBU Terban adalah tempat Mbah Hadi berjualan. Berkat tangan ajaib Mbah Hadi, mi bihun dan mi telur dapat disulap menjadi bakmi jawa yang nikmat. Suwiran ayam kampung, telur, dan bawang goreng terasa menyatu dengan sempurna.

Luke Martin mengaku perlu waktu sekitar 30 hingga 40 menit hingga bakmi siap disajikan. Pasalnya, Mbah Hadi memasak satu per satu bakmi olahannya tersebut. Youtuber tersebut mengaku pengalamannya saat mencicipi bakmi godog mengingatkannya pada ramen olahan negeri sakura.

5. Wedang Ronde Mbah Paiyem

Minuman yang melegenda ini terbuat dari olahan kuah jahe dengan isian ronde. Menariknya, wedang ronde ini diolah dan dijual oleh pemiliknya yang telah berusia 90 tahun an. Sejak 1965 Mbah Paiyem telah berjualan dengan menggunakan gerobaknya. Kalian dapat mendatangi Jalan Kauman, Gondomanan, tepatnya sebelah barat alun-alun utara Yogyakarta jika ingin menikmati wedang ronde olahan Mbah Paiyem ini.

Ada cerita menarik tentang wedang ronde Mbah Paiyem. Melalui unggahan video Luke Martin, Mbah Paiyem mengaku bahwa mantan Presiden Indonesia dahulu sering jajan wedang ronde miliknya.

6. Kopi Jos Lik Man

Kopi dengan penyajian yang cukup nyentrik ini menarik perhatian wisatawan. Biasanya penjual kopi jos memasak air menggunakan ketel, sejenis teko besar sebagai wadah dan juga arang sebagai bahan bakarnya. Selain itu, penjual juga mencelupkan arang yang telah membara didalam tungku api.

Namun, sebelumnya diketuk-ketuk terlebih dahulu agar debu-debu tersingkir dari arang tersebut. Saat itu Luke Martin mengeluarkan Rp 5000 untuk mendapatkan kopi tersebut. Jika ingin merasakan sensasi minum kopi dengan arang di dalamnya, kalian dapat mengunjungi Angkringan Kopi Jos Lik Man di Jl. Pasar Kembang, Gedong Tengen, Yogyakarta.

 

(Nurul Fajri Kusumastuti)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: