Sukses

Sambangi Pusat Kebudayaan Minangkabau, Sandiaga Uno Berubah Jadi 'Datuak Maringgih'

Sandiaga Uno mencoba pakaian adat Minangkabau.

Liputan6.com, Padang - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat pada Rabu (21/4/2021).

Dalam kesempatan itu, ia meninjau sejumlah lokasi wisata budaya dan juga wisata alam, seperti geopark, wisata Ombilin, dan Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM).

Ketika berkunjung ke PDIKM Padang Panjang, Sandiaga Uno juga mencoba mengenakan pakaian adat Minangkabau.

Dirinya antusias mencoba pakaian adat tersebut, setelah berbincang dengan Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran yang memberitahukan bahwa di sana pengunjung bisa mengenakan pakaian adat Ranah Minang.

Sandi kemudian memakai pakaian adat tersebut, dan berpose di halaman depan rumah gadang PDIKM Padang Panjang.

"Iya coba pakai baju adat, sekaligus untuk berfoto," kata Sandiaga Uno, Rabu (21/4/2021).

Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang milenial dan juga eksis di media sosial itu, terlihat gagah mengenakan pakaian adat tersebut.

Ke depan, pihaknya akan mengembangkan spot wisata tersebut dengan narasi yang mudah dipahami. Menurutnya sejarah di tanah Minankabau harus terus diangkat dengan storytelling.

PDIKM adalah salah satu museum di Padang Panjang. Museum ini berisikan berbagai macam informasi dan koleksi mengenai kebudayaan Minangkabau baik berupa dokumentasi audio maupun visual.

Museum ini dapat diakses dari jalur utama Padang–Bukittinggi, berjarak sekitar lebih kurang dua kilometer dari pusat Kota Padang Panjang.

Sandi menyampaikan, museum dengan arsitektur rumah gadang ini diinisiasi oleh mantan Menteri Koperasi Bustanil Arifin.

"Museum ini dibangun berangkat dari kesadaran untuk melestarikan dan mendekatkan dokumentasi tentang kebudayaan Minangkabau," Sandiaga Uno menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini