Sukses

Mangrove, Mitigasi Hijau ala Nelayan Teluk Palu dari Hantu Tsunami

Penanaman mangrove dilakukan di sepanjang pantai Kelurahan Panau, Kota Palu yang menjadi salah satu lokasi terdampak tsunami pada tahun 2018 lalu

Liputan6.com, Palu - Penanaman mangrove dilakukan di sepanjang pantai Kelurahan Panau, Kota Palu yang menjadi salah satu lokasi terdampak tsunami pada tahun 2018 lalu. Mangrove diharapkan juga menjadi mitigasi dan peningkatan ekonomi nelayan.

Penanaman mangrove di sepanjang pantai kawasan timur Kota Palu itu dilakukan oleh nelayan setempat bersama Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Sabtu (10/4/2021).

Sebelum penanaman warga pesisir sudah dilatih membibitkan, menyemai, merawat, hingga memilih jenis mangrove yang cocok ditanam di lokasi itu yakni Tagal dan Apiculata, untuk mencegah gagal tumbuh usai penanaman mangrove seperti sebelumnya.

Rehabilitasi pantai dengan cara itu selain diharapkan mendorong peningkatan tangkapan ikan nelayan setempat, juga sebagai mitigasi jangka panjang untuk meminimalisasi dampak ke warga jika bencana gelombang tinggi terjadi.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramah Lingkungan

Sekretaris Jenderal KIARA, Susan Herawati, menilai mitigasi “hijau” itu lebih ramah terhadap nelayan dan lingkungan dibanding pendekatan yang dilakukan pemerintah pascatsunami di Teluk Palu dengan membangun tanggul laut sepanjang tujuh kilometer.

“Pembangunan Giant Sea Wall tidak hanya berdampak pada lingkungan namun juga perampasan ruang nelayan yang membuat nelayan harus beralih profesi akibat terhambatnya akses mereka terhadap laut. Pembangunan tanggul laut juga tidak mendukung lingkungan yang berkelanjutan,” Sekretaris Jenderal KIARA, Susan Herawati mengatakan, Sabtu (10/4/2021).

Di Desa Panau sendiri setelah tsunami pada tahun 2018, warga bersama KIARA telah bergerak untuk ekologi pantai dan laut yang sehat.

Selain belajar tentang mangrove, warga juga sudah membentuk kelompok agar upaya mitigasi berbasis alam itu terus berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.