Sukses

Komisi IV DPR RI Kunjungi Bitung, Barantan Minta Tambahan Personel dan Peralatan

Liputan6.com, Manado - Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Kementerian Pertanian, Ali Jamil mengatakan, jajarannya butuh penambahan personel maupun peralatan untuk memaksimalkan penguatan tugas perkarantinaan. Hal ini disampaikan Ali saat mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di Kota Bitung, Sulut, Sabtu (10/4/2021). 

"Untuk memperkuat tugas perkarantinaan, termasuk di Bitung, posisi sumber daya manusia kita jauh bila dibandingkan dengan teman-teman instansi lain di lapangan," ujar Ali.

Ali mengungkapkan, Barantan memiliki hampir 1.000 wilayah kerja, namun staf kategori Aparatur Sipil Negara hanya sebanyak 3.700 orang. Jumlah itu ditambah dengan tenaga harian lepas atau tenaga kontrak sekitar 2.000 orang.

"Personel yang ada ini untuk menjaga seluruh Indonesia," sebutnya.

Dia menjelaskan, bidang tugas perkarantinaan bisa terkait dengan pengawasan keamanan dan pengendalian mutu pangan dan pakan asal komoditas pertanian. Ditambah lagi dengan tugas lainnya yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan dan Tumbuhan.

“Misalnya terkait keamanan pangan, keamanan pakan, sumber daya genetik dan tugas lainnya. Tentu kami memohon kepada Komisi IV agar mendapatkan dukungan penambahan sumber daya, anggaran dan personel," ujarnya. 

Sedikitnya ada delapan tugas yang dimulai dari pemeriksaan hingga pembebasan barang. Sehingga dibutuhkan X-Ray ataupun incenerator untuk memusnakan media pembawa membawa organisme pangganggu.

“Begitupun untuk mendukung tugas lapangan seperti armada kapal, karena keterbatasan kami melakukan MoU dengan TNI/Polri,” ujarnya.  

Komisi IV DPR RI menggelar kunjungan kerja di Bitung, Sulut, untuk menjaring aspirasi yang ada di mitra kerja seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Hasan Aminuddin, mengatakan jajarannya menyerap aspirasi Barantan Kementerian Pertanian terkait penambahan personel dan anggaran.

"Barantan, Kementerian Pertanian adalah mitra Komisi IV, kami hadir sebagai fungsi pengawasan maupun penyusunan APBN," ujar Hasan di Kantor Unit Pelaksana Teknis Badan Karantina Pertanian di Manado, Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Bitung.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: