Sukses

Densus 88 Sita Pisau Hingga Busur Panah saat Penangkapan Terduga Teroris di Sumut

Dalam penangkapan terduga teroris di Perumahan Graha Deli Permai, Blok A17 Nomor 15, Deli Tua, Namorambe, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Densus 88 Mabes Polri menyita buku, handphone, pisau hingga busur panah.

Liputan6.com, Jakarta Dalam penangkapan terduga teroris di Perumahan Graha Deli Permai, Blok A17 Nomor 15, Deli Tua, Namorambe, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Densus 88 Mabes Polri menyita buku, handphone, pisau hingga busur panah.

Ketua RW I, Dusun III, Deli Tua, Iwan mengatakan, rincian barang bukti yang diamankan Densus 88, buku lebih 10 judul,‎ handphone 7 unit, 3 buah anak panah, busur panah, papan sasaran, 1 set pisau, dan 1 unit sepeda motor Honda GL Pro.

"Petugas dalam penangkapan itu berjumlah belasan orang, mereka menumpang dua mobil Innova dan tiga mobil Avanza. Penangkapan pukul 05.45 WIB," kata Iwan, Jumat (19/3/2021).

Diungkapkan Ketua RW, dirinya bahkan sempat salat subuh berjamaah bersama terduga teroris dan petugas kepolisian di masjid. Usai salat subuh, terduga teroris tersebut ditangkap sekitar 100 meter dari rumahnya.

"Iya, baru siap (usai) salat subuh kami," ungkapnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Merasa Terkejut

Diakui Iwan, dirinya merasa terkejut ada warganya yang ditangkap petugas kepolisian. Selama ini, terduga teroris berinisial S tersebut tinggal di rumah sewa bersama istri dan kedua anaknya, dan tidak melapor ke Ketua RW.

"Tidak melapor. Sewa rumahnya berakhir pada bulan Agustus 2021 ini‎," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Penangkapan di Medan Marelan

Tidak hanya di Perumahan Graha Deli Permai Namorabe, Deli Serdang, Densus 88 juga menangkap terduga teroris di Jalan Pasar IV, Andansari, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, berinisial DL (46).

Kepala Lingkungan XVIII, Halimah (46) mengatakan, dirinya sekitar pukul 04.00 WIB dihubungi pihak Polres Pelabuhan Belawan untuk melakukan pendampingan penggeledahan.

"Subuh saya dihubungi pihak kepolisian, katanya ada mau melakukan penggeledahan. Saya awalnya tidak tahu ada apa," sebutnya.

4 dari 5 halaman

Belasan Petugas

Disebutkan Halimah, DL ditangkap petugas tidak menggunakan seragam lengkap, berjumlah sekitar belasan orang. Sepengetahuannya, penggeledahan dilakukan sekitar 1 jam lebih.

"Jumlah pastinya saya tidak begitu tahu. Karena saya hanya mendampingi," ungkapnya.

Terduha teroris DL diketahui menyewa di lingkungan XVIII, kurang lebih 10 tahun. DL sebelumnya tinggal di kawasan Bulu Cina.

5 dari 5 halaman

8 Terduga Teroris

Sebelumnya Polda Sumut melaporkan, Densus 88 telah menangkap 8 orang terduga teroris dari 2 lokasi berbeda di Sumut. 2 lokasi ditangkapnya 8 terduga teroris tersebut, Kota Tanjung Balai dan Medan.

"Teman-teman dari Densus 88 mengamankan terduga teroris sebanyak delapan orang. Dari Tanjung Balai dua, Medan enam orang," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.