Sukses

Harga Stabil Rp40 Ribu per Kg, Warga Minang Masih Santai Menikmati Cabai

Liputan6.com, Padang - Saat ini, harga cabai di sejumlah kota besar seperti Jakarta dan Bandung, serta sejumlah wilayah di Pulau Jawa, tengah meroket. Namun, di Sumatera Barat, harga bahan pokok yang 'wajib' ada di dapur warga Ranah Minang itu cukup stabil.

Pantauan Liputan6.com di Pasar Raya Padang, harga cabai merah berkisar Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram di tingkat pedagang.

Salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang, Anto mengatakan harga cabai saat ini cukup stabil meski terjadi kenaikan, tetapi tidak signifikan.

"Pasokan cabai merah di Pasar Raya Padang itu ada yang dari Medan, Kerinci dan juga pasokan dari Sumbar atau lokal," katanya, Jumat (5/3/2021).

Untuk cabai hijau harganya juga stabil berkisar Rp24.000 per kilogram dan harga cabai rawit yakni Rp44.000 per kilogram.

Selain cabai, harga bawang merah juga stabil, berkisar Rp38 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram, dan bawang putih Rp22 ribu per kilogram.

"Naik atau turunnya harga bahan pokok tergantung pada pasokan, jika pasokan lancar maka harga akan stabil seperti sekarang," ujarnya.

Sementara, bahan pokok lainnya seperti ayam ras atau pedaging juga mengalami kenaikan sejak beberapa hari terakhir, yakni dari Rp35.000 per ekor menjadi Rp40.000 per ekor.

Untuk harga sayuran seperti wortel Rp10 ribu per kilogram, tomat Rp7 ribu per kilogram, dan terung ungu berkisar Rp4.000 per kilogram.

Selain cabai dan sayuran, untuk harga telur ayam berkisar Rp13 ribu per 10 butir, telur bebek Rp67 ribu per 30 butir, dan telur ayam kampung sekitar Rp50 ribu per 30 butir.

"Untuk telur ayam biasanya kami mengambil dari Kota Pariaman dan Kabupaten Limapuluh Kota," kata salah seorang pedagang telur, Ari.

Bahan pokok lainnya seperti gula pasir yakni Rp13 ribu per kilogram dan minyak goreng curah sekitar Rp13 ribu per kilogram.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini: