Sukses

6 Daerah yang Berstatus Siaga Banjir pada 23-24 Februari 2021

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak enam daerah di Indonesia, antara lain Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan berstatus siaga banjir.

Hal itu mengacu kepada prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir atau banjir bandang, dari tanggal 23-24 Februari 2021 soal potensi dampak bencana hidrometeorologi.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan resminya, Rabu (24/2/2021) mengatakan, berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada dasarian III atau sepuluh hari ke-3 di bulan Februari 2021.

"Yaitu sebagian kecil Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah bagian utara, sebagian kecil Jawa Timur, sebagian kecil Nusa Tenggara Barat, sebagian kecil Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Selatan, dan sebagian Papua," katanya.

Guswanto mengatakan, sebagian besar wilayah Indonesia atau 96 persen dari 342 zona musim, saat ini telah memasuki musim hujan. Hal itu telah disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada bulan Agustus - Oktober 2020 lalu.

Puncak musim hujan, katanya, terjadi pada bulan Januari - Februari 2021 di sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat, dan bagian selatan Papua.

"Untuk periode sepekan kedepan (23-28 Februari 2021), BMKG memprakirakan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah," kata Guswanto.

Wilayah yang diperkirakan terdampak tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu dan Lampung. Selain itu kemungkinan terjadi pula di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta serta Jawa Timur.

Tak hanya itu Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara disebutkan terdampak paparan cuaca ekstrem.

"Berikut Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua," katanya.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: