Sukses

Menyulap Pulau Kemaro Jadi Objek Wisata Air di Palembang

Liputan6.com, Palembang - Pulau Kemaro yang berada di Kelurahan Sungai Selayur Kecamatan Kalidoni Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), dikenal dengan legenda percintaan Siti Fatimah dan Tan Bun Ann.

Lokasi ini juga, menjadi salah satu destinasi wisata religi. Di mana setiap tahunnya, puluhan ribu warga Tionghoa datang dan menggelar perayaan Cap Go Meh.

Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo, melihat potensi wisata di Pulau Kemaro tersebut perlu dikembangkan lagi. Bahkan, Pulau Kemaro akan disulap jadi wisata air, seperti di Ancol Jakarta.

Saat menggelar gotong royong di akwasan Bungalow Pulau Kemaro, Wako Palembang melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Palembang Ahmad Bastari Yusak melihat potensi pariwisata di Pulau Kemaro yang bagus.

Namun saat menggelar aksi bersih-bersih, kawasan tersebut sempat tertutup rumput ilalang dan enceng gondok, karena arus Sungai Musi yang sedang naik.

"Kita sudah memasang tanda-tanda dengan tanda bendera hijau di beberapa titik Pulau Kemaro,” katanya, Minggu (7/2/2021).

Membuka lahan seluas 25 hektare lahan yang dimiliki Pemkot Palembang ini, lanjut Bastari, tidaklah mudah.

Pulau yang terletak tepat di tengah Sungai Musi ini, sebagian tanah yang rawah basah kerap tertutup air saat air sungai Musi mengalami arus pasang.

"Beberapa hari ini hujan dan air pasang memang menjadi kendala, namun kita tidak kendor," tegasnya.

Pulau Kemaro yang terletak disisi timur Palembang ini, akan disulap menjadi pundi -pundi wisata baru di Kota Palembang, digadang menjadi pusat wisata air mirip dengan wisata Ancol di Jakarta.

"Saat ini kita akan memperbaiki pelataran, yang persis tepat di tengah saat akan menuju ke Bungalow," ucapnya.

 

2 dari 3 halaman

Bangun Akses Transportasi

Diungkapkannya, secara bertahap semua fasilitas pendukung untuk merangsang investor berinvestasi di Pulau Kemarao, dilakukan bersama tim percepatan pembangunan Pulau Kemaro.

Bahkan setiap minggu timnya akan melakukan gotong royong, hingga sesuai dengan perencanaan Bappeda Kota Palembang untuk mewujudkan destinasi wisata baru ini.

Saat ini, salah satu akses kemudahan untuk mencapai Pulau hanya bisa dijangku mengunakan transportasi sungai ini.

“Ini akan dikembangkan kemudahan aksesnya, untuk menuju ke Pulau Kemaro. Dengan cara membangun jembatan yang langsung menghubungkan daratan ke Pulau Kemaro. Masih kita lakukan studi lokasi jembatan penyeberangan, sehingga ada jembatan," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Kembangkan Pulau Kemaro

Sementara itu Ketua Tim Percepatan Pulau Kemaro M Safri menjelaskan, untuk menjaga kebersihan kawasan yang telah dilakukan pembukaan lahan itu, timnya akan melibatkan petani setempat.

"Nanti petani di sini akan mengelola lahan yang telah kita buka, sehingga lahan ini tetap terjaga kebersihannya," ucapnya.

Dia optimis, lahan yang telah dibuka dan dibersihkan, akan bisa mempermudah persiapan fasiltas pendukung akan menjadi magnet bagi investor untuk berinvestasi.