Sukses

Bantu Korban Terdampak Gempa Sulbar, Kapal Kemanusiaan Minang Segera Berlayar

Liputan6.com, Padang - Korban terdampak bencana gempa Sulawesi Barat hingga saat ini masih membutuhkan uluran tangan. Merespon hal tersebut, Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat akan berlayar dengan Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan untuk membantu korban di provinsi itu.

Melalui Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan ini, ACT akan membawa 1.000 ton beras dan bantuan pangan serta logistik yang dihimpun dari amanah publik untuk korban bencana alam.

Branch Manager ACT Sumatera Barat, Zeng Wellf mengatakan kondisi para pengungsi tidak hanya serba kekurangan, tetapi juga terancam Covid-19.

"Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi yang kuat dalam memenuhi kebutuhan para korban gempa di Sulbar," ujarnya, Jumat (22/1/2021).

Ia menyebut selain membawa bantuan untuk korban gempa Sulbar, bantuan pangan ini juga akan diberikan kepada korban terdampak banjir Kalimantan Selatan.

Pihaknya berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, ACT Sumbar optimis target 1.000 Ton beras dan bantuan pangan serta logistik, bisa berangkatkan melalui Pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang.

2 dari 3 halaman

Siap Layarkan Kapal Kemanusiaan

ACT, lanjutnya sudah memetakan titik-titik pengungsian di Sulbar, dan juga mengaktivasi semua posko-posko bantuan, agar sampai langsung ke masyarakat-masyarakat yang membutuhkan.

"Lalu kehadiran Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan ini, akan memperkuat agenda pendistribusian bantuan yang meluas ke masyarakat terdampak," jelas Zeng Wellf.

Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan untuk Gempa Sulawesi Barat dan Banjir Kalimantan Selatan diperkirakan berangkat pada 10–13 Februari 2021.

Dalam kurun waktu tersebut, ACT Sumatera Barat mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung keberangkatan Kapal Kemanusiaan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, sebagai program masterpiece ACT, Kapal Kemanusiaan pernah mengirimkan bantuan untuk gempa Lombok, gempa Palu, musibah kelaparan di Papua bahkan bantuan ke Palestina, Rohingya hingga ke Somalia.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan meringankan duka korban, bisa melalui www.padang.indonesiadermawan.id atau melalui Rekening Aksi Cepat Tanggap BRI 0382 01 000 769 305.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini: