Sukses

Ridwan Kamil Sebut Jokowi Bakal Tinjau Lokasi Longsor Sumedang

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo direncanakan akan meninjau lokasi dan korban longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, pekan ini.

"Mudah-mudahan kabar Bapak Presiden akan datang ke Sumedang di minggu ini bisa menjadi berita yang melegakan dan menggembirakan," ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (18/1/2021).

Selain rencana kunjungan Jokowi, Emil juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumedang sudah menyiapkan titik relokasi warga terdampak longsor.

"Saya apresiasi Pemkab Sumedang yang akan menyiapkan relokasi permukiman di Cimanggung ke lokasi yang lebih aman," kata dia.

Menurutnya, relokasi bukanlah perkara yang mudah. Ia mencontohkan Sumedang, meski warga sudah menjadi korban longsor, tetapi banyak pula yang menolak direlokasi.

"Kita juga sudah perintahkan kepala daerah untuk menganalisa zona-zona rawan longsor dengan konsep memindahkan ke zona aman. Kita tahu ini tidak mudah seperti di Sumedang, sudah tahu dia kena longsor tapi dia menolak direlokasi juga banyak," ujarnya.

Hingga Senin (18/1/2021) malam pukul 19.00 WIB, total jumlah korban meninggal dunia akibat longsor di Sumedang menjadi 40 orang. Operasi pencarian resmi dihentikan.

Berdasarkan keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, dampak bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Cihanjuang, Sabtu (9/1/2021) mengakibatkan sebanyak 1.020 jiwa mengungsi. Sedikitnya 29 rumah rusak, 26 di antaranya dalam keadaan rusak berat.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini