Sukses

Gunung Sinabung Berstatus Siaga, Warga Diimbau Patuhi Larangan Zona Bahaya

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) berstatus siaga. Pada Minggu, 17 Januari 2021, gunung dengan tinggi 2.460 meter dari permukaan laut (mdpl) ini erupsi dengan menyemburkan debu vulkanik setinggi 500 meter.

Liputan6.com, Karo Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) berstatus siaga. Pada Minggu, 17 Januari 2021, gunung dengan tinggi 2.460 meter dari permukaan laut (mdpl) ini erupsi dengan menyemburkan debu vulkanik setinggi 500 meter.

Terkait masih tingginya aktivitas vulkanik Gunung Sinabung, Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo mengimbau kepada warga dan wisatawan untuk mematuhi zona larangan yang telah ditetapkan.

"Selain zona larangan, juga harus mematuhi rambu-rambu larangan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin, kepada Liputan6.com, Senin (18/1/2021).

Natanail juga mengatakan, bagi warga yang berada atau bermukim di sepanjang aliran sunga yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir lahar dingin. Apalagi di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu.

"Mengenai informasi terkait Sinabung, kita meminta warga untuk jangan memercayai hoaks. Pastikan informasi terverifikasi dan dari pemerintah," sebutnya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantauan PVMBG

Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) aktivitas Gunung Sinabung sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB pagi tadi, diketahui tengah tertutup kabut dan menutup asap kawah.

"Gunung kabut 0-I hingga kabut 0-II. Asap kawah tidak teramati. Teramati guguran dengan jarak luncur 500 m mengarah ke timur dan tenggara," tulis laporan PVMBG dan dikonfirmasi Kepala PVMBG, Kasbani.

3 dari 3 halaman

Kondisi Cuaca

Dilaporkan juga cuaca di Gunung Sinabung saat ini sedang berawan dan mendung dengan angin bertiup lemah ke arah timur laut dan tenggara. Suhu udara 16-19 °C.

"Terekam noise petir," jelas laporan terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.