Sukses

7 Langkah Mudah Vaksinasi Covid-19 di Garut, Jangan Risau

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Garut, Jawa Barat meminta seluruh masyarakat mendukung rencana pemerintah melakukan vaksinasi Covid-19 secara massal, yang akan dilaksanakan pemerintah dalamw atu dekat.  

“Kita harus yakin, bagaimana kita bisa kita sehat dan tentu pandemi ini akan segera berlalu. Mohon dukungan dari semua pihak agar vaksinasi ini bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya di sela-sela simulasi vaksinasi Covid-19, di Garut, Jumat (8/1/2021).

Menurutnya, pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut ini, merupakan persiapan agar vaksinasi berjalan dengan baik.

“Pandemik ini adalah ujian bagi kita semua,” ujar  dia mengingatkan.

Kepala Puskesmas Pembangunan, Nurhayati, menyatakan untuk memudahkan pelaksaan vaksinasi, pemerintah telah membuat pola pelaksanaan agar lebih baik dan lancar.

”Semoga vaksinasi alur pelayanan yang kami buat ini dapat menjadi acuan bagi fasilitas kesehatan yang lain dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Alur Vaksinasi Covid-19 di Garut

Pertama, calon penerima vaksin Covid-19 telah melakukan registrasi ulang datang tepat waktu dan sesuai jadwal. Kedua, calon penerima vaksin Covid-19 menuju Meja 1 (Pendaftaran dan Verifikasi)

Tiga, calon penerima vaksin Covid-19 menunjukkan e-tiket dan bukti identitas lainnya untuk dilakukan verifikasi. Jika identitas sudah terverifikasi, calon penerima vaksin melanjutkan ke meja 2 (Format Skrining)

Empat, petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid). Jika penerima vaksin sehat, maka vaksinasi dapat dilanjutkan.

Lima, calon penerima vaksin menuju ke meja 3 (Vaksinasi). Calon penerima vaksin diberikan vaksin Covid-19 secara aman.

Enam, setelah dilakukan vaksinasi, penerima vaksin Covid-19 menuju ke meja 4 (Pencatatan dan Observasi). Petugas akan mencatat hasil pelayanan vaksinasi.

Tujuh, penerima vaksin akan diobservasi selamat 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI. Delapan, penerima vaksin akan menerima kartu vaksinasi.

Data terbaru tim gugus tugas penanggulangan COVID-19 Garut mencatat, total kasus mencapai 26.763 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 4.406 kasus terkonfirmasi positif, 2 Kasus isolasi mandiri, 1.730 Kasus isolasi RS/perawatan, 2.547 Kasus sembuh dan 127 Kasus meninggal.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: