Sukses

10 Tokoh Masyarakat Riau Bakal Suntik Vaksin Covid-19 Pertama, Siapa Saja?

Sebanyak 20 ribu vaksin Covid-19 untuk Riau sudah tiba di Pekanbaru dan bakal dibagikan kepada tenaga kesehatan serta 10 tokoh masyarakat.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sebanyak 20 ribu ampul vaksin Covid-19 tiba di Pekanbaru, Selasa pagi, 5 Januari 2021. Terlambat dari jadwal semula, vaksin untuk mengendalikan penyebaran virus corona itu disimpan di gudang milik Dinas Kesehatan Provinsi Riau di Jalan Kesehatan.

Menjelang izin edar emergency use authorization keluar dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 di Riau tengah mendata siapa saja tenaga kesehatan yang mendapat vaksinasi pertama.

Selain tenaga kesehatan, tahap awal vaksinasi ini juga menyasar 10 tokoh masyarakat di Bumi Lancang Kuning. Pemerintah daerah tengah mempersiapkan siapa saja 10 orang tokoh untuk disampaikan ke pemerintah pusat.

Menurut Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, tokoh dimaksud bisa dari keagamaan hingga anggota DPRD. Para tokoh ini bakal menjadi role model untuk membuat masyarakat yakin.

"Untuk memberi kepercayaan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman," kata Edy usai meninjau vaksin, Selasa (5/1/2021).

Edy menyebut permintaan nama 10 tokoh masyarakat ini berdasarkan rapat koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri beberapa waktu lalu. Hingga pertengahan Januari ini nama-nama segera dikirim.

"Tokoh ini akan mendapatkan vaksin perdana bersama tenaga kesehatan," kata Edy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir menyebut pengiriman vaksin via jalur darat ini tidak ada kendala. Pengiriman vaksin Sinovac dari gudang PT Biofarma di Bogor dikawal petugas bersenjata.

Menjelang distribusi ke kabupaten dan kota di Provinsi Riau, gudang di sebelah Rumah Sakit Tentara Pekanbaru itu bakal dikawal 24 jam. Pengelolaannya juga sudah ada petunjuk teknis agar tidak rusak selama penyimpanan.

"Waktu distribusi masih menunggu izin edar darurat dari BPOM," kata Mimi.

Mimi menyebut vaksin Covid-19 bakal dikirim secara bertahap ke Riau. Tahap pertama dari Januari hingga April dan masih diperuntukkan untuk tenaga kesehatan.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.