Sukses

Harapan Sandiaga Uno untuk Pariwisata Bali

Liputan6.com, Denpasar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan siap mendukung 100 persen pariwisata Bali yang berbasis budaya. Hal itu diungkapkannya d ihadapan Gubernur Bali, Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati 'Cok Ace' saat melakukan kunjungan kerja ke kediaman Gubernur Bali di Jayasabha Denpasar pada, Senin (28/12/2020).

Ia menceritakan selama dirinya berada di Bali, telah melakukan kunjungan ke destinasi wisata di Kuta, Badung dan berdiskusi dengan pelaku pariwisata hingga pengunjung, di mana para pengunjung dan pelaku pariwisata menyatakan apresiasinya terhadap penanganan Covid-19 di Pulau Bali.

"Saya berharap di Pulau Bali ini kita bisa menciptakan pariwisata yang berkualitas 'quality tourism'," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Koster yang didampingi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, dan Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa mengucapkan selamat kepada Sandiaga Salahuddin Uno yang baru saja dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo sebagai Menparekraf Republik Indonesia.

Menurut Gubernur Koster kebijakan pembangunan pariwisata di Pulau Dewata ini selalu mengedepankan konsep pariwisata yang berbasis budaya dengan kearifan lokalnya. Sehingga sampai saat ini, budaya dan kearifan lokal Bali selalu menjadi kekuatan utama di dalam memajukan pariwisata yang berkualitas.

"Jadi kami harus mengedepankan 'quality tourism' di Bali, agar pariwisata Bali berjalan secara berkelanjutan," ujar dia.

 

2 dari 2 halaman

Destinasi Bali Baru Wisata Bahari

Ia berharap pemerintah melalui Kementrian Pariwisata Republik Indonesia untuk mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dengan memberdayakan mata rantai pertanian dan kelautan di Bali sebagai sumber pendukung aktivitas pariwisata.

"Kami ingin tata kelola pariwisata di Bali betul-betul bisa memberdayakan mata rantai aktivitas pertanian dan hasil kelautan kami, supaya eknomi di Bali berjalan, dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat lokal," ucap dia.

Pada kesempatan itu Gubernur Bali memberikan oleh-oleh khas Bali yakni Balinese Arak meminta kepada Menteri Sandiaga untuk mendukung upaya-upaya Pemprov Bali dalam menciptakan destinasi wisata baru.

"Bali komitmen untuk menciptakan destinasi wisata baru, salah satunya dengan mengusung konsep wisata bahari, dan kami mohon dukungan Bapak Menteri Pariwisata," ujar dia.