Sukses

Konsumsi BBM Naik 100 Persen Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Banyak faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan konsumsi BBM Pertamina dari berbagai jenis terutama pada momen libur Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Cirebon - Konsumsi BBM Pertamina memasuki libur Natal dan Tahun Baru dipastikan mengalami peningkatan. Pertamina mencatat peningkatan jenis BBM khususnya pada Pertamax Turbo dan Dexlite per Rabu, 23 Desember 2020.

Executive General Manager Regional JBB Werry Prayogi mengatakan, peningkatan BBM jenis Pertamax Turbo dan Dexlite terjadi di wilayah Jawa Bagian Barat.

Dia menyebutkan, konsumsi Pertamax Turbo (RON 98) meningkat hingga lebih dari 100 persen. Yakni lebih dari 660 Kilo Liter (KL) dibandingkan konsumsi BBM pada hari normal yaitu sekitar 300 KL.

Sedangkan Dexlite (Cetane Number 51) naik sekitar 21 persen atau lebih dari 290 KL dibandingkan konsumsi normal harian yakni sekitar 240 KL.

“Pola konsumsi seperti ini terjadi karena konsumen sudah makin bijak memilih bahan bakar yang bisa mendukung kinerja mesin kendaraan lebih baik, mengingat mereka harus menempuh perjalanan jauh,” jelas Werry Prayogi, Sabtu (26/12/2020).

Werry mengaku mengecek dan memantau langsung melalui sejumlah SPBU Pertamina di KM 57, 130 A, dan 228. Sejumlah layanan disiagakan dalam mengawal kelancaran libur Natal dan Tahun Baru.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantau SPBU

Baik di wilayah tol maupun kawasan wisata yang ada di Jawa Bagian Barat. Dia menyebutkan, sejumlah layanan tambahan Pertamina mulai dari Tol Jakarta - Cikampek, Tol Kanci - Pejagan.

"Kami menyediakan 10 unit SPBU kantong, 10 titik SPBU modular, 17 armada motorist Pertamina Delivery Service, serta 2 unit mobil tangki PTO (berdispenser).

Layanan ini untuk mempermudah masyarakat yang dalam perjalanan mendapatkan BBM," sebut Werry.

Di tengah memantau kesiapan pasokan dan fasilitas BBM tol, Pertamina menyempatkan diri berbagi. CEO Subholding Commercial & Trading Pertamina Mas'ud Khamid meninjau langsung SPBU Rest Area Km 57 Karawang.

Dalam tinjauannya, Mas'ud menyerahkan bantuan keagamaan dengan nilai total Rp 100 juta untuk dua gereja yaitu Gereja HKBP Pancawati dan Gereja Katholik Kristus Raja di wilayah Karawang, Jawa Barat.

"Ini adalah wujud komitmen kami yaitu Pertamina berbagi. Kami harap bantuan tersebut dapat memberikan kebahagiaan di hari raya ini," tuturnya.

Turut hadir bersama Mas'ud, Komisaris PT Pertamina (Persero) Condro Kirono. Dalam kesempatan tersebut Condro turut memberikan apresiasi kepada para operator SPBU dan Awak Mobil Tangki di jalur Tol Trans- Jawa, sebagai garda terdepan yang selalu siaga melayani penyaluran energi untuk masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.