Sukses

Cek Kesiapan Daops 3 Cirebon Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru Saat Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Cirebon - Sejumlah persiapan dilakukan Daops 3 Cirebon menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020/2021. Puluhan petugas diterjunkan mengawal kelancaran momen akhir tahun ini yang masih berada dalam masa pandemi Covid-19.

Manajer Humas Daops 3 Cirebon, Luqman Arif mengaku sudah menyiagakan 50 petugas pemeriksaan jalur (PPJ) ekstra dan 14 petugas penjaga daerah rawan ekstra.

"Petugas tersebut disiagakan untuk mengamankan perjalanan kereta api sepanjang lintas Daops 3 Cirebon," ujar Luqman, Jumat (4/12/2020).

Selain petugas, kata dia, Daop 3 Cirebon juga menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) yang ditempatkan di sembilan titik, mulai dari Stasiun Pabuaran, Pegadenbaru, Telagasari, Jatibarang, Cirebon, Cirebon Prujakan, Luwung, Sindanglaut, Ciledug.

Pada kesempatan tersebut, Luqman mengimbau seluruh masyarakat dan pengguna jalan tetap mematuhi rambu-rambu perlintasan.

"Sebagaimana diatur UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutkan bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya," ujar dia.

Pada masa angkutan Natal dan tahun baru kali ini, Daops 3 Cirebon menyiapkan 12 unit lokomotif, 92 armada kereta, serta 1 unit crane. Semua sarana tersebut, kata dia, dalam kondisi siap operasi.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puluhan Perjalanan

Terdapat lima posko kesehatan tersebar di lima stasiun, yaitu Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Arjawinangun, Jatibarang, dan Stasiun Brebes.

"Masing-masing disiapkan satu paramedis dan dokter on call selama 24 jam. Pelayanan tes Rapid juga disediakan di Stasiun Cirebon dan Cirebon Prujakan mulai jam 08.00 sampai 18.00 WIB.

Luqman mengingatkan seluruh calon penumpang untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipesan.

"Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin," ujar Luqman.

Luqman mengatakan, secara serentak posko angkutan Natal dan tahun baru 2020/2021 mulai ditetapkan tanggal 18 Desember 2020 sampai 6 Januari 2021 atau selama 20 hari.

Tercatat 74 perjalanan KA penumpang jarak jauh yang melintas di Daop 3 selama masa itu. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada masa posko Natal dan Tahun Baru, Daop 3 akan operasikan kereta api Argo Cheribon dan Ranggajati tiap akhir pekan selama bulan Desember.

"Tiket KA pada masa Nataru 2020/2021 dapat dipesan melalui online, seperti aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan lainnya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.