Sukses

Resep Kue-Kue Enak yang Bisa Dibuat di Rumah Saat Pandemi

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan mengisi kejenuhan dirumah salah satunya dengan membuat kue enak dan mudah membuatnya

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa disadari 'jajan online' selama #dirumahaja saat pandemi Covid-19 ternyata bikin kantong jebol. Apalagi banyak aplikasi yang mempermudah siapa pun berbelanja kapan pun dan di mana pun. Supaya Anda tidak semakin larut dalam perilaku boros karena jajan online, ada baiknya untuk mencoba membuat sendiri jajanan di rumah. Berikut beberapa resep kue enak yang bisa dibuat d rumah saat pandemi, seperti yang dihimpun Liputan6.com, Selasa (1/12/2020).

 

Baca juga:

 

1. Kue Bolu Jadul

Kalian hanya membutuhkan 4 btr telur, 1/2 sdt sp , 1 saset Vanili, 1/2 sdt baking powder, 200 gr tepung terigu, 12 SDM Gula pasir, 12 sdm minyak goreng, sedikit pasta moca apabila mau rasa moca dan langkahnya sebagai berikut:

- Masukan telur di gula pasir vanili dan ovalet. Mixer Sampai mengembang putih dan berjejak dengan kecepatan tinggi.

- Masukan tepung terigu dan baking powder mixer dgn kecepatan rendah sampai rata kemudian masukan minyak goreng aduk dengan spatula sampai adonan benar benar menyatu

- Ambil 6 sdm adonan. Kedalam wadah tambahkan pasta moca aduk rata

- Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan di beri taburan tepung terigu. Masukan adonan kemudian tuangkan adonan yg sudah di beri pasta moka dia tas nya aduk dengan ujung sendoksampai membetuk pola dan masuk ke tengah adonan

- Oven selama 45 menit dengan api sedang sampai matang.

 

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Cookies Rapuh

Walau terlihat rapuh tapi rasanya tidak bikin hancur bahkan enak. Caranya sangat mudah serta tidak butuh bahan yang banyak. Membuat kue rapuh ini cukup sediakan 200 gr Terigu, 1 sacset SkM putih, 1 gelas belimbing Minyak goreng dan coklat seres secukupnya. 

Selain itu, pewarna hijau atau sesuai selera dan 1/4 sendok teh vanili.

Cara pembuatannya juga sangat mudah. Kalian hanya perlu mencampur semua bahan mejadi satu. Kemudian, diamkan sampai adonan kaku kemudian diaduk lagi. Setelah itu, adonan dibentuk bulat-bulat serta ditekan menggunakan pakai garpu.

Panaskan teflon dengan api sangat kecil. Masukkan adonan yang sudah di bentuk di atas teflon yang panas dipanggang. Diamkan beberapa menit sampai bagian bawah benar-benar kering. Kemudian adonan di balik dan diamkan lagi sampai kering.

Setelah itu angkat susun dalam toples jika adonan benar-benar  di panggang sampai kering. Karena kalau belum kering akan. Jajanan ini bisa tahan hingga 2 minggu.

 

 

Baca juga:

 

3 dari 5 halaman

3. Strawberry Cheescake

Bahannya cukup simpel, kalian perlu 1 bungkus besar biskuit regal, Mentega cair secukupnya, Keju oles 170 g, Susu UHT Full Cream 120 ml, 1 sdm maizena. Kemudian 200 gram bubuk whip cream, 100 ml air dingin, Selai strawberry secukupnya potong dadu dan secukupnya Gula.

Cara Pembuatan:

- Hancurkan regal lalu masukan mentega cair, aduk rata sisihkan

- Cheese cream diaduk rata keju dan susu (sisakan sedikit susu untuk melarutkan maizena) lalu masak dengan teknik bowl double boiler, masukan maizena yang sudah dilarutkan saat akan mendidih aduk hingga meletup2. Lalu matikan kompor dan biarkan dingin sampai suhu ruangan.

- Whip cream : blender bubuk whip cream dan air dingin, lalu bertahap masukan krim keju.

- Selai strawberry : campur strawberry yang sudah dipotong dadu dengan gula aduk dengan whisk sampai hancur (tidak perlu halus)

- Menyusun lapisan : pertama ratakan regal yang telah dihancurkan dan dicampur mentega tadi, lapisan ke dua selai strawberry, lapisan ketiga whip krim keju terakhir taburi dengan sisa regal yang telah dihancurkan berikan strawberry diatasnya sebagai hiasan.

 

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 5 halaman

4. Oreo Cheescake Lumer

Bahan kue ini terdiri dari 2 bungkus Oreo vanilla, 2 1/4 gelas susu cair uht, 6 sendok makan susu kental manis, 1 blok keju cheddar, 2 sendok makan tepung maizena, Almond Secukupnya.

- Pertama, pisahkan oreo dan krimnya. Remukan oreo secukupnya, sisihkan. 

- Ambil 20 lembar krim yang dipisahkan sebelumnya kemudian masukan ke panci anti lengket. (Manis yg selera saya 20 lembar, biasanya 1 bks oreo ada 14, 2 bks 24, saya pakai 20 lembar aja)

- Parut 1 blok keju chedar, masukan ke panci anti lengket bersama krim, sisihkan keju parut sebagian untuk hiasan.

- Kemudian, masukan 6 sendok susu kental manis dan 2 gelas susu uht.

- Bahan-bahan yang telah dimasukan ke panci, diaduk aduk terlebih dahulu, kemudian nyalakan kompor sambil terus di aduk sampai mendidih.

- Setelah mendidih aduk 2 sdm maizena dengan 1/4 gelas susu cair lalu, masukan ke dalam panci, aduk aduk sampai kekentalannya cukup.

- Tata selang seling bubuk oreo dan adonan, terakhir berikan hiasan bubuk oreo, keju dan almond. (Sesuai selera)

Masukan ke dalam frezzer untuk rasa yang lebih yummy bukan.

 

5 dari 5 halaman

5. Chocolava

Untuk membuat kue ini, kalian cukup siapkan 2 sachet Milo, 1 sendok makan air panas, 1 butir telur, 2 sendok makan gula pasir, 3 sendok makan terigu, 3 sendok makan mentega cair. Cara pembuatan:

- Siapkan wadah untuk mengaduk milo dan air panas

- Aduk milo bersama 1 sendok makan air panas sampai tidak ada yg menggumpal

- Siapkan wadah berbeda untuk mengaduk telur besama gula, aduk sampai berbusa

- Apabila sudah berbusa, tambahkan tepung terigu 3 sdm ke dalam wadah telur, aduk sampai terigu tidak menggumpal

- Campurkan adonan telur, gula, terigu ke dalam wadah milo pada poin 1

- Aduk sampai adonan telur tercampur menjadi coklat, tambahkan mentega cair ke dalam adonan tadi

- Siapkan wadah cetakan untuk mengukus adonan tadi

- Jangan lupa wadahnya di oleskan mentega agar tidak lengket

- Kukus selama 7-10 menit saja, api sedang - kecil jangan terlalu besar

Itu dia jajanan atau kue yang bisa kalian buat sendiri selama beraktivitas dirumah saja. Bahan yang mudah di dapat dan harganya tidak membuat dompet kalian terkuras.

 

Penulis: Abdurrahman Wahid Citizen Journalist, Mahasiswa KPI IAI Bunga Bangsa Cirebon

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.