Sukses

Sulbar Mantap Belajar Tatap Muka di Sekolah Mulai Januari 2021

Liputan6.com, Mamuju - Sesuai arahan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, sejumlah sekolah di Sulawesi Barat bakal kembali belajar tatap muka di sekolah pada Januari 2021.  

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Barat, Prof Gufron Darma Dirawan mengatakan, sebelum menerapkan proses belajar tatap muka di sekolah, ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah. Salah satunya, memenuhi segala kebutuhan yang berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Dinas Pendidikan Sulbar sudah menyiapkan panduannya, untuk diteruskan ke setiap sekolah. Salah satu metode yang diterapkan adalah pembatasan siswa dalam ruangan belajar," kata Gufran kepada Liputan6.com, Rabu (25/11/2020).

Gufran menambahkan, belajar tatap muka di sekolah bergantung pada kondisi masing-masing dan status pandemi di daerahnya. Berdasarkan SKB Empat Menteri, daerah yang masuk zona kuning sudah bisa melaksanakan belajar tatap muka langsung.

"Jadi intinya, kita membuka sekolah sesuai standar protokol kesehatan Covid-19. Jika memenuhi syarat dan lengkap sebagaimana arahan empat menteri maka dapat berjalan awal Januari 2021," ujar Gufran.

Jika dalam prosesnya ditemukan proses belajar mengajar yang tidak mematuhi protokol kesehatan, Dinas Pendidikan bisa menutup kembali sekolah tersebut dan kembali ke pembelajaran daring. Sebagai kontrol, ada tim dari Dinas Pendidikan yang bertugas mengawasi jalannya proses belajar tatap muka di sekolah. Pengawasan juga dibantu orangtua siswa melalui komite sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mamuju, Halima mengatakan, secara keseluruhan pihaknya sudah siap dengan keputusan bersama SKB Empat Menteri. Pihak sekolah juga sudah menyosialisasikan mengenai penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah kepada orangtua siswa dan sudah disepakati.

"Itu juga berdasarkan desakan orangtua siswa agar pihak sekolah segera membuka sekolah, dan itu akan dilaksanakan sesuai juknis khusus untuk di jadikan acuan, dengan tetap melaksanakan protokol Covid-19," ujar Halima.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :