Sukses

Kabar Gembira dari Sumut Terkait Covid-19, Angka Kesembuhan Lampaui Dunia

Kabar menggembirakan dari Sumatera Utara (Sumut) terkait kasus virus corona Covid-19. Angka Kesembuhan di provinsi ini per 22 November 2020 mencapai 82,45 persen atau meningkat 0,61 poin dibandingkan minggu sebelumnya, yaitu 81,84 persen.

Liputan6.com, Medan Kabar menggembirakan dari Sumatera Utara (Sumut) terkait kasus virus corona Covid-19. Angka Kesembuhan di provinsi ini per 22 November 2020 mencapai 82,45 persen atau meningkat 0,61 poin dibandingkan minggu sebelumnya, yaitu 81,84 persen.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan mengatakan, angka kesembuhan di Sumut sudah jauh melampaui angka kesembuhan dunia, yaitu sebesar 69,22 persen dan terus mendekati angka kesembuhan nasional yang mencapai 84,00 persen.

"Tren yang baik dari perkembangan Covid-19 Sumut, tetap harus disadari bahwa kita masih berada pada masa pandemi," kata Whiko, Selasa (24/11/2020).

Disampaikannya, sampai saat ini masih adanya ditemukan penderita Covid-19 positif yang baru, sehingga tetap membutuhkan kewaspadaan dan konsistensi masyarakat Sumut untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Secara akumulasi, kasus Covid-19 di Sumut sejak awal pandemi hingga 23 November 2020 didapatkan 14.988 penderita. Pasien sembuh mencapai 12.369 orang dan 595 penderita meninggal dunia.

"Penderita Covid aktif Sumut 2.024 orang. Dari angka tersebut, 1.525 penderita melaksanakan isolasi mandiri dan 499 penderita lainnya dirawat isolasi di rumah sakit," sebut Whiko.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan

Satgas Penanganan Covid-19 Sumut terus mengingatkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari guna memutus rantai penularan Covid-19 dengan menjalankan 3M, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Hindari Kerumunan, serta Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun.

"Lonjakan angka penderita Covid-19 akan kembali terjadi bila protokol kesehatan kita abaikan," pesan Whiko.

Pemerintah Pusat dan Satgas Covid-19 Sumut sejak awal telah mencanangkan gerakan pemakaian masker pelindung hidung dan mulut. Diharapkan masyarakat mengenakan masker di mana pun.

Kepada masyarakat disarankan, masker hanya dilepas pada saat tidur, mandi, berwudu, makan dan minum, sambil menjaga jarak dengan orang di sekitarnya.

"Jadikanlah protokol kesehatan ini menjadi bagian dari kebutuhan hidup kita yang diterapkan agar kita tetap sehat," Whiko menuturkan.

3 dari 3 halaman

Pesan Satgas Covid-19 Sumut

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Edy Rahmayadi, juga meminta kepada kepala daerah kabupaten/kota terus meningkatkan penerapan protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing.

"Lakukan penindakan dan penegakan disiplin protokol kesehatan bagi yang mengabaikannya di daerah masing-masing," ucap Whiko menyampaikan pesan Edy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.