Sukses

Senam Asyik Penangkal Covid-19 Sebelum Pusing Ujian SIM di Polres Grobogan

Liputan6.com, Grobogan - Keterlibatan semua pihak dalam penangkalan penyebaran Covid-19, sangat diperlukan. Bukan hanya menjaga pribadi, namun menjaga lingkungan juga diperlukan.

Di Kabupaten Grobogan, contohnya. Satuan Lalulintas (Satlantas) terlibat aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengajak senam pemohon surat ijin mengemudi (SIM).

Bukan memaksa, namun imbauan menjaga kesehatan diharapkan dapat menjaga agar warga terhindar dari risiko terserang Covid-19 yang telah menyebabkan ribuan orang meninggal dunia.

Belasan pemohon SIM yang tengah menunggu, diajak secara spontan oleh Kanit Regident Satlantas Polres Grobogan, Iptu Joko Susilo. Pemohon, diajak keluar ruangan dan berdiri berjajar di halaman Satpas SIM.

Ruangan yang biasanya digunakan untuk uji tes sepeda motor itu, disulap menjadi arena senam bersama. Setelah berbaris, mereka diminta menjaga jarak antarsatu dengan yang lainnya.

Kemudian, Iptu Joko Susilo meminta mereka menggerakkan kedua tangan ke atas, bawah dan samping. Usai pemanasan, para pemohon melakukan senam AWS3 bersama dengan iringan musik dipandu anggota Satlantas Aiptu Umbarwati dan Bripka Rosidah.

Gerakan senam AWS3 yang dipelopori Andrie Wongso tersebut dimainkan secara lincah oleh pemohon SIM di Polres Grobogan, demi memperkuat daya tahan tubuh untuk menangkal Covid-19.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Bikin Pemohon SIM Kaget, Lalu Senang

Kendati harus sedikit berkeringat, pemohon SIM dengan antusias mengikuti arahan petugas dalam senam hingga selesai.

Usai senam, pemohon diberikan jamu gratis. Jamu sebagai minuman tradisiona yang dinilai mampu meningkatkan imunitas sengaja di suguhkan langsung dengan mendatangkan seorang bakul jamu gendong.

“Kalau ini jamu bikin kuat ya, Bu?” tanya Irfan, seorang pemohon SIM.

Senam diteruskan dengan candaan, diharapkan mampu meningkatkan daya tahan tubuh tanpa meninggalkan kebiasaan 3M yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

Sri, warga Purwodadi sempat kaget saat diminta petugas Satlantas Polres Grobogan ke lapangan. Pemohon SIM sempat kaget dan menduga ada kekurangan dalam persyaratan. Namun, setelah mengetahui akan diajak senam, ia merasa senang.

“Tadi diajak senam. Banyak gerakan yang diarahkan sama Bu Polwan tadi, seperti tadi ada gerakan jinjit kaki, membuat kaki saya enak. Ditambah dapat jamu gratis. Saya senang ada kegiatan seperti ini, karena membuat saya menjadi tambah segar dan sehat,” ucap Sri.

 

3 dari 4 halaman

Covid-19 Masih Jadi Momok

Kanit Regident Satlantas Polres Grobogan, Iptu Joko Susilo mengungkapkan, kegiatan senam bersama dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini masih menjadi momok di lingkungan masyarakat.

“Hari ini, kami mengajak pemohon SIM yang tengah menunggu antrian untuk mengikuti senam bersama. Kami ajak mereka untuk senam dan berjemur,” kata Iptu Joko Susilo.

Kegiatan serupa akan dilaksanakan secara rutin. Menurut dia, selain senam, dalam pelayanan untuk pemohon SIM sudah dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Dalam pelayanan SIM, kami sudah menerapkan protokol kesehatan. Baik itu untuk petugas maupun masyarakat pemohon, yakni dengan menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, mengimbau agar menggunakan masker dan juga menjaga jarak. Kami juga melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum petugas maupun pemohon SIM masuk ke dalam ruangan,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: