Sukses

Penerapan Prokes Cegah Covid-19 Perketat Event Ranau Gran Fondo Sumsel

Event Ranau Gran Fondo yang digelar di Kabupaten OKU Selatan Sumsel digelar dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Liputan6.com, Palembang - Event Ranau Gran Fondo yang akan digelar pada hari Sabtu (14/11/2020) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Sumatera Selatan (Sumsel), diramaikan ribuan peserta.

Ada sekitar 2.395 orang peserta yang mendaftarkan diri mengikuti event skala internasional, dengan rute di sepanjang tepian Danau Ranau OKU Selatan Sumsel.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Megawati menuturkan, peserta terbagi menjadi dua kategori, yaitu Road Bike dan Cycling For All.

Untuk Road Bike, jumlah pesertanya mencapai 299 orang. Sementara sisanya sebanyak 2.096 orang mengikuti kategori Cycling For All.

“Jumlah peserta tersebut meningkat sekitar 6 kali lipat dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 400 orang saja,” ucapnya, Jumat (13/11/2020).

Tingginya minat peserta dalam event ini, dinilainya karena persiapan yang lebih matang serta promosi yang cukup luas. Selain itu, minimnya event bersepeda di tengah pandemi Covid-19 ini, membuat antusias para peserta membludak.

"Bisa dikatakan, ini merupakan even bersepeda skala besar pertama setelah vakum selama pandemi Covid-19. Sehingga, pecinta sepeda di seluruh Indonesia khususnya Sumsel sangat antusias untuk ikut serta," katanya.

Dari ribuan peserta yang mendaftarkan diri, ada beberapa atlet bersepeda kelas internasional yang mengikuti kategori Road Bike.

Yaitu atlet Sumsel Jauhari Johan, peraih medali emas event Triathlon Sea Games Philippines 2019, Ahlul Firman, peraih medali perunggu event Triathlon Sea Games 2019 dan M Maydanil Arham, Juara Nasional MTB XCO U-23 2018.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Para Atlet Internasional

Ada juga atlet asal Jawa Timur (Jatim) Zainal Fanani, juara Asia MTB XCE Thailand 2019 dan juara Nasional MTB Enduro elite 2019. Serta Ihza Muhammad, peraih medali emas MTB XCO pra PON 2019.

“Kegiatan ini berguna dalam meningkatkan imunitas tubuh dan terhindar dari berbagai serangan penyakit di masa pandemi Covid-19,” ucapnya.

Megawati memastikan, protokol kesehatan (prokes) tetap akan diterapkan di event ini, untuk meminimalisir penularan Covid-19.

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Pariwisata Daerah

"Mulai dari rute, penginapan, spot wisata serta yang paling penting penerapan prokes Covid-19 di berbagai titik penyelenggaraan. Semuanya sudah dipersiapkan dengan baik," ujarnya.

Ia berharap, event Ranau Gran Fondo dapat berlangsung sukses dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Selain itu, bisa mengenalkan potensi pariwisata di Sumsel, khususnya yang berada di Kabupaten OKU Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.