Sukses

Semangat Baru Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Masa-Masa Bencana

Liputan6.com, Yogyakarta- Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meluncurkan logo baru, himne dan mars bertepatan dengan Dies Natalis ke-55. Peluncuran logo baru sudah dilakukan saat upacara peringatan Dies Natalis ke-55 pada 28 September 2020.

UAJY adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. UAJY berdiri pada tanggal 27 September 1965.

Peluncuran logo baru di masa-masa bencana ini bukan tanpa sebab. Ada semangat baru yang ingin dihadirkan oleh UAJY tanpa keluar dari visi misi utamanya.

Pembuatan logo baru sudah dilakukan sejak awal tahun. Perubahan logo juga bukan pertama kali terjadi di UAJY.

Sudah tiga kali UAJY mengganti logonya. Logo pertama dibikin pada 1965, lalu diubah pada 2003. Pada 2020, tranformasi logo kembali terjadi.

“Perubahan logo ini sebagai trnasformasi untuk meningkatkan performa dan nilai,” ujar Yoyong Arfiadi, Rektor UAJY, dalam jumpa pers virtual di Yogyakarta, Kamis (8/10/2020).

Dari segi gambar, logo UAJY tidak berbeda dengan logo pada 2003. Hanya saja, penulisan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dimasukkan ke dalam logo baru. Sebelumnya, penulisan nama perguruan tinggi ternama itu diletakkan di bagian luar, sedangkan bagian yang menyatu dalam logo adalah tulisan serviens in lumine veritatis yang berarti melayani dalam cahaya kebenaran.

Menurut Yoyong, transformasi logo UAJY ini juga bertujuan agar orang luar mudah mengingat UAJY. Sebab logo dan tulisan sudah menyatu. Selama ini kerap terjadi inkonsistensi dalam penggunaan logo karena gambar dan tulisan terpisah.

Tidak hanya logo, mars dan himne UAJY yang diluncurkan juga memiliki tujuan serupa. Harapannya, visi UAJY yang unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas dapat tercapai.

Ernest Mariyanto, penggubah himne UAJY dan Onggo Lukito, penggubah mars UAJY, juga telah berdiskusi dalam merealisasikan himne dan mars UAJY dengan berpegang pada visi, misi, filosofi, dan nilai-nilai yang dimiliki UAJY. 

Saat ini, UAJY masuk ke dalam peringkat tiga perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di DIY.

Meskipun demikian, Wakil Rektor II UAJY, The Jin Ai, menuturkan ukuran capaian UAJY secara kualitatif diserahkan kepada masyarakat yang menilai kiprah alumni,

“Apakah nilai-nilai sudah tercermin dalam kinerja alumi sehari-hari, jika iya, maka visi Atma Jaya Yogyakarta sudah tercapai,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: