Sukses

Waspada Obat Palsu Penyembuh Covid-19

Jika warga mendapat informasi itu, atau mengetahui peredaran obat-obat palsu itu bisa disampaikan ke BBPOM Manado.

Liputan6.com, Manado - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado mengingatkan warga agar mewaspadai beredarnya sejumlah obat dan herbal palsu yang disebut-sebut bisa menyembuhkan pasien Covid-19.

Sebab, hingga saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan, selain upaya pemerintah untuk memproduksi vaksin.

 “Warga harus waspada dengan informasi bahkan peredaran obat palsu penyembuh Corona,” ujar Kepala BBPOM Manado Dra Sandra Sandra MP Linthin Apt MKes saat memberikan materi di Desa Rumoong Bawah, Kecamatan Amurang Barat, Minahasa Selatan, Sulut, Minggu (4/10/2020).

Sandra mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19 ini banyak beredar informasi dan promosi soal sejumlah obat yang disebut-sebut bisa menyembuhkan Corona. Untuk itu dia meminta warga untuk tidak cepat percaya dengan informasi itu.

“Jika warga mendapat informasi itu, atau mengetahui peredaran obat-obat palsu itu bisa disampaikan ke BBPOM Manado,” ujar Sandra.

Yang harus dipahami bahwa hingga kini belum ada obat penyembuh Corona, karena pemerintah masih mempersiapkan untuk memproduksi vaksin Covid-19. Sesuai dengan target pemerintah, awal tahun depan sudah mulai beredar vaksin Covid-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Preventif Cegah Covid-19

“Kita tunggu perkembangan produksi vaksin, sambil tetap menerapkan protokol Covid-19 dengan ketat,” kata Sandra.

Dia mengatakan, upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal lain yang juga penting adalah harus tetap berpikir positif.

“Karena jika kita stres, ini bisa mempengaruhi daya imun. Dan berpotensi terpapar Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menjaga kondisi imun agar tetap baik maka dibutuhkan makanan yang sehat. Juga obat-obatan yang tepat jika warga mendapat gejala penyakit tertentu.

“Nah di sinilah kita perlu secara cermat memilih makanan dan obat yang tepat, jangan malah mengkonsumsi obat yang palsu. Untuk itu bisa ditanyakan ke BBPOM Manado,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.