Sukses

Selidiki Temuan Jasad Bayi di Makam Ronggolawe, Polisi Tuban Libatkan Bidan

Foto jasad bayi tersebut, tampak kepalanya sudah membiru dan ari-arinya masih menempel

Liputan6.com, Tuban - Temuan sesosok jasad bayi di toilet musala area makam Ronggolawe, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, pada Rabu (2/9/2020) sekira pukul 11.00 WIB langsung ditindaklanjuti oleh kepolisian.

Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Yoan Septi Hendri mengatakan setelah mendapati laporan adanya temuan jasad bayi tersebut, polisi langsung mendatangi TKP.

"Perkiraan bayi itu berumur 8 bulan, jenis kelaminnya laki-laki," kata Yoan saat dihubungi Liputan6.com melalui selularnya, Rabu (2/9/2020) malam.

Diketahui dari foto jasad bayi tersebut, tampak kepalanya sudah membiru dan ari-arinya masih menempel. Sejak ditemukannya jasad bayi tersebut hingga sekarang, pihak kepolisian masih berupaya mencari tahu siapa yang tega membuang bayi nahas ini tersebut.

"Ini masih kita selidiki lebih lanjut Mas," ucapnya.

Dia mengungkapkan, saat ini polisi sudah mulai menyisir daerah sekitar lokasi dan menggali informasi tentang wanita hamil di sekitar lokasi kejadian untuk menemukan petunjuk yang mengarah ke pelaku pembuangan jasad bayi tersebut.

"Kita gali informasi radius satu kilometer di sekitar TKP, ada tidak wanita hamil atau mau melahirkan," ucapnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Dibuang Dinihari

Pihaknya sudah mulai mencari dan menggali informasi diberbagai tempat hingga mengerahkan sejumlah personil kepolisian.

"Kita juga mencari ke puskemas-puskesmas hingga bidan-bidan di sekitar lokasi kejadian," dia menjelaskan.

Sebelumnya, adanya temuan jasad orok bayi di toilet musala yang berada di area makam Ronggolawe Tuban dengan kondisi terbalut kain dan dibungkus plastik berwarna putih sempat menghebohkan warga.

"Tadi itu habis bersih-besih di musala, terus mau cuci tangan di tempat wudlu melihat ada bungkusan plastik di tempat buang air kecil," kata Kasdi (56), petugas kebersihan makam yang menemukan jasad bayi itu.

Mengetahui adanya bungkusan plastik di tempat buang air kecil itu, Kasdi langsung mengambil dan membuka bungkusan tersebut. Saat dibuka, dia kaget karena bungkusan platik itu berisikan bayi.

"Saya kaget Mas, langsung saya manggil orang-orang sekitar sini. Kemudian warga lapor polisi," kata warga Kelurahan Sidomulyo itu.

Kasdi menduga, bayi yang sudah tidak bernyawa itu dibuang sekitar dini hari saat kondisi sekitar musala yang berada di area makam Ronggolawe dalam keadaan sepi. Pasalnya, pada malam hari masih belum ada bungkusan jasad bayi di sekitar tempat wudhu itu.

"Kalau tadi malam belum ada. Tidak ada yang tau siapa yang membuang, mungkin buangnya pas waktu sepi," dia mengungkapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.