Sukses

Penerapan New Normal, Produksi Pertamina Kilang RU III Palembang Aman

Produksi Pertamina Kilang RU III Plaju Palembang tetap berjalan lancar di tengah penerapan New Normal.

Liputan6.com, Palembang - PT Pertamina (Persero) melalui Refinery Unit III Plaju Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), memastikan operasional dan produksi Kilang Refinery Unit (RU) III Plaju aman, meskipun di tengah pemberlakuan new normal selama pandemi Covid-19.

Per hari Senin (24/8/2200), RU III Plaju tengah memasuki fase kenormalan baru. Dimana sebelumnya, seluruh karyawan menerapkan bekerja dari rumah (WFH).

Karyawan bisa kembali bekerja dari kantor, dengan sejumlah aturan protokol kesehatan yang ketat. Seperti adanya pembatasan jumlah karyawan yang masuk.

Region Manager Communication, Relations & CSR Sumbagsel Dewi Sri Utami mengungkapkan, sebelum kantor dibuka, dilakukan checking, cleaning dan disinfecting.

Kapasitas tempat duduk diturunkan dan disusun penjadwalan pekerja, yang masuk kantor maupun yang bekerja di rumah.

"Meskipun kantor sudah kembali dibuka, tidak semua karyawan bisa masuk. Diberlakukan sistem shifting agar produktivitas karyawan tetap terjaga," katanya di Palembang, Sabtu (29/8/2020).

Sejumlah aturan protokol kesehatan lainnya, yaitu karyawan diwajibkan membawa sendiri perlengkan makan, botol minum, tisu, perlengkapan ibadah, masker cadangan, dan hand sanitizer sendiri.

"Sebelum masuk kantor, pekerja diperiksa suhu tubuh dan dilakukan pengecekan kesehatan lainnya, rapid test berskala besar, jaga jarak aman dan meminimalisir kontak fisik," ucapnya.

Kilang Plaju Palembang sendiri dibangun pada tahun 1904 , yang menghasilkan berbagai produk. Antara lain Gasoline atau bensin, Diesel atau minyak solar, Avtur, LPG, Solvents, Refrigerant atau musicool dan Plastik Polimer (Polytam).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produksi Kilang Pertamina

"Total produksi Kilang Plaju saat ini yaitu, untuk Premium 123,18 MBCD/ juta barrel per hari, Pertamax 71,96 MBCD/ juta barrel per hari," katanya.

Sementara untuk BBM jenis Gasoil, total produksinya antara lain Biosolar 118,08 MBCD/ juta barrel per hari, Solar 266,20 MBCD/ juta barrel per hari.

Untuk bahan bakat pesawat, Avtur, total produksinya 87,16 MBCD/ juta barrel per hari. Dan untuk produksi LPG sebesar 397 metrik ton per hari.

"Rata-rata produksi saat ini naik sebesar 4 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu dari 77 MBCD menjadi 80 MBCD," ungkapnya.

Adapun ketahanan produksi Kilang Plaju saat ini sangat aman, beberapa produk seperti Premium, Solar dan Avtur bahkan lebih dari 15 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.