Sukses

Ibu Muda Positif Covid-19 Aceh Melahirkan Bayi Sehat

Seorang pasien positif Covid-19 berinisial Za (24), melahirkan di Rumah Sakit dr Zainoel Abidin (RSUZA), Aceh, Kamis kemarin (12/08/2020), simak beritanya:

Liputan6.com, Aceh - Seorang pasien positif Covid-19 berinisial Za (24), melahirkan di Rumah Sakit dr Zainoel Abidin (RSUZA), Aceh, Kamis (12/08/2020). Peristiwa pasien positif sukses melahirkan ini merupakan yang pertama di provinsi tersebut.

Warga Kabupaten Nagan Raya itu menjalani proses persalinan saat dirinya tengah menjalani isolasi. Setelah proses persalinan di ruang operasi Covid-19 existing, Za menjalani perawatan dan tahapan nifas kembali di ruang rawat isolasi Pinere I yang berada di bangunan lama rumah sakit tersebut.

Dokter melakukan operasi selama satu jam. Bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki, lahir pada pukul 14.00 WIB dengan berat 3,3 kilogram.

Ibu dan bayinya secara umum dalam kondisi sehat. Za mendapat pengawasan ketat oleh bidan, perawat, dan dokter spesialis kandungan selama proses persalinan berlangsung.

"Semuanya baik," kata Wadir Pelayanan RSUZA, dr Endang Meutia yang Liputan6.com konfirmasi, Jumat (14/08/2020).

Kendati ibu bayi merupakan pasien positif Covid-19, Endang memastikan jika bayinya tidak tertular. Kemungkinan ini juga berdasarkan fakta bahwa hingga saat ini tidak ada jurnal yang menyatakan bahwa penularan akan terjadi secara vertikal.

"Menyusui biasa saja, karena virus corona tidak melewati ASI," kata Endang.

Za sebelumnya mendapat perawatan sebagai pasien Covid-19 setelah hasil tes dari laboratorium penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syah Kuala menyatakan bahwa dirinya positif, pada Selasa (11/08/2020). Dari RS Iskandar Muda kabupaten tempat tinggalnya, dokter merujuk ibu muda ini ke rumah sakit sentral provinsi.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.