Sukses

Konsumsi Avtur di Sumut Bergerak Naik Memasuki Kenormalan Baru

Liputan6.com, Medan - Penerbangan domestik di Indonesia kembali dibuka untuk umum memasuki era kenormalan baru atau new normal. Walau telah beroperasi, calon penumpang tetap diwajibkan menyiapkan berkas yang diperlukan serta mematuhi protokol kesehatan terkait virus Corona COVID-19.

Sejalan dengan dibukanya kembali penerbangan domestik, konsumsi Avtur di Sumatera Utara (Sumut) mulai menanjak naik. Penyaluran Avtur bulan Juni tercatat meningkat dibandingkan penyaluran bulan Mei 2020.

Unit Manager Comm, Rel dan CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo mengatakan, konsumsi Avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Kualanamu mengalami peningkatan sebanyak 125 persen dibanding penyaluran bulan lalu.

"DPPU Bandung Kualanamu saat ini melayani 20 penerbangan yang sudah beroperasi per harin," kata Roby, Jumat (26/6/2020).

Dijelaskannya, pergerakan konsumsi Avtur juga terjadi di DPPU Pinangsori sebanyak 15 persen dan DPPU Binaka sejumlah 5 persen, dibanding konsumsi bulan Mei 2020.

Meski memasuki era normal kebaruan, DPPU tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 dalam beroperasi melayani penerbangan.

2 dari 3 halaman

Pekerja Laksanakan Rapid Test

Protokol tersebut diantaranya adalah dengan menerapkan jaga jarak, selalu menggunakan masker, menggunakan sarung tangan ketika bekerja, serta melakukan cuci tangan sebelum dan selesai beraktivitas.

Selain itu, pekerja DPPU juga secara berkala melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebelum bekerja. Semua pekerja di DPPU Kualanamu, Pinangsori serta Binaka telah melaksanakan rapid test atau skrining awal COVID-19.

"Hasilnya semua non reaktif, tidak ditemukan pekerja dengan gejala COVID-19," Roby menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: