Sukses

Pulang ke Rumah, M Nuh Eks Pemenang Lelang Motor Listrik Jokowi Disambut Meriah

Liputan6.com, Jambi - Muhammad Nuh atau M Nuh, warga Jambi ini sempat bikin heboh ketika namanya disebut sebagai pemenang lelang motor listrik yang ditandatangani Presiden Joko Widodo senilai Rp 2,55 miliar. Tak hanya itu, M Nuh juga sempat diperiksa polisi lantaran ia diketahui bukan seorang pengusaha tambang.

Usai namanya viral dan mencuat sebagai pemenang lelang motor hingga diperiksa polisi, sosok M Nuh sempat menghilang. Seketika namanya menjadi beken dan paling banyak dicari, baik oleh tetangganya maupun publik lewat mesin pencarian Google.

Kabar gembira itu datang pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, atau Minggu (24/5/2020) pagi. M Nuh telah pulang ke rumahnya di Kelurahan Sungai Asam, Kecamatan Pasar, Kota Jambi.

Mengenakan kemeja panjang putih dan peci putih serta bawahan sarung, M Nuh disambut kompangan, sebuah tabuhan khas Jambi. Kemunculan M Nuh di lingkungan tempat tinggalnya itu juga diarak dan disambut meriah oleh warga.

Dalam sebuah video yang dibagikan warganet, M Nuh terlihat dikelilingi oleh puluhan warga. Bahkan, orang dewasa dan anak-anak turut berjoget riang dengan diiringi tabuhan kompangan.

Kemunculan sosok yang sempat memenangkan lelang motor listrik Gesits senilai Rp 2,55 miliar itu seketika bak artis. Dengan senyum tipis, M Nuh juga diajak foto wefie oleh warga.

Ketua RT 20 Kelurahan Sungai Asam, Kota Jambi, Ibrahim Hasan membenarkan, M Nuh telah kembali ke rumahnya. Begitu pula dengan video ia disambut warga juga benar.

"Iya sudah di rumah, dia (M Nuh) sempat diarak dengan musik kompangan, warga senang M Nuh pulang ke rumah," kata Ibrahim.

2 dari 3 halaman

Sekilas Tentang M Nuh

Nama Muhammad Nuh atau M Nuh santer menjadi perbincangan publik di Jambi. Pria yang memenangkan lelang motor listrik Presiden Jokowi dalam konser amal itu seketika viral dan menghiasi jagat media sosial.

Yang pertama ia viral karena berhasil memenangkan lelang motor listrik Gesits bertanda tangan Jokowi. Ia menawar motor listrik itu dengan nilai fantastis mencapai Rp 2,55 miliar, mengalahkan pengusaha dan politikus ternama.

M Nuh kembali viral untuk kedua kalinya. Pada Kamis (21/5/2020) dini hari dikabarkan diperiksa polisi di Jambi. Ia dimintai keterangan karena tak kunjung mentransfer duit senilai Rp 2,55 miliar hasil lelang itu.

Usut punya usut ternyata sosok M Nuh bukanlah seorang pengusaha, melainkan dirinya seorang buruh harian lepas. Ia sendiri memang warga yang tinggal di Kampung Manggis, Kecamatan Pasar, Kota Jambi seperti informasi saat lelang sebelumnya.

Terbaru, motor listrik Gesits bertanda tangan Jokowi yang sempat ditawar M Nuh itu, kini akhirnya dipinang oleh Warren Tanoesoedibjo, penawar lelang di urutan kedua setelah M Nuh.

Pengusaha muda yang juga anak bungsu Harry Tanoesoedibjo itu menggantikan M Nuh memenangkan motor listrik berkelir merah senilai Rp 2,55 miliar, sama seperti yang ditawar M Nuh sebelumnya. Sesuai dengan kesepakatan dan aturan lelang, maka penawar lelang yang berada di urutan kedua menjadi pemenangnya, jika pemenang lelang pertama gagal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: