Sukses

Klaster Ijtima Gowa Mendominasi Pasien Positif Covid-19 Baru di Sulut

Diketahui, Klaster Gowa merupakan para pelaku perjalanan yang mengikuti acara keagamaan di Gowa, Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Manado - Gugus Tugas Covid -19 Sulut, Minggu malam (10/5/2020), mengumumkan perkembangan jumlah pasien positif Covid-19. Dalam sehari, kasus positif Bertambah 18 orang dari sehari sebelumnya, sehingga total berjumlah 71 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel mengungkapkan, dari analisa yang dilakukan terhadap pasien terkonfirmasi positif itu, bisa dikelompokan menjadi beberapa klaster.

“Ada Klaster Gowa, Klaster Tenaga Kesehatan, juga Klaster Karombasan,” ujarnya.

Diketahui, Klaster Gowa merupakan para pelaku perjalanan yang mengikuti acara keagamaan di Gowa, Sulawesi Selatan.

“Klaster Gowa ini menjadi penyumbang pasien terkonfirmasi positif paling banyak di Sulut sebanyak 15 orang,” ungkap Dandel.

Dalam laporan terkini, Minggu (10/5/2020), dari 18 kasus baru pasien terkonfirmasi positif, ada tujuh yang masuk Klaster Gowa.

“Sehari sebelumnya kami sudah umumkan lima dari Klaster Gowa ini sembuh, berarti masih ada 10 yang dalam perawatan medis,” tandasnya.

Dandel mengungkapan, awalnya Gugus Tugas sudah mendeteksi ada 95 orang pelaku perjalanan kegiatan keagamaan atau Ijtima Sedunia Zona Asia di Gowa.

“Sudah dilakukan rapid test, dan swab test. Juga untuk sekitar 100 lebih kontak erat risiko tinggi. Hasinya itu termasuk tujuh kasus baru ini,” ujarnya.

Sedangkan untuk Klaster Tenaga Medis adalah sejumlah karyawan yang terpapar di salah satu fasilitas kesehatan di Manado.

“Beberapa di antara mereka sudah sembuh, ada yang masih dirawat,” ujarnya.

Untuk Klaster Karombasan, ini nama sebuah Pasar Tradisional di Manado yang terletak di Kecamatan Wanea. Aktifitas pasar yang ramai menjadi salah satu pemicu penyebaran Covid-19.

“Pasien positif yang kami umumkan malam ini ada yang terkait Klaster Karombasan,” ujarnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.