Sukses

WNA India Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Batam, Ini Jejaknya

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmardjadi mengungkap, dua orang dinyatakan positif virus corona (Covid-19), salah satunya WNA asal India.

Liputan6.com, Batam - Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmardjadi mengungkap, dua orang dinyatakan positif virus corona (Covid-19), salah satunya WNA asal India, dari hasil tes swab yang dilakukan terhadap 71 orang di Batam.

"Asal India, sempat nginap di Masjid Baiturahman Sekupang," ungkapnya, Senin (4/5/2020).

WNA asal India tersebut berinisial SAA (56), dia merupakan Jemaah Tablig Batam. Yang bersangkutan tiba di Batam (Pelabuhan Batam Centre) pada 2 Maret 2020, menggunakan kapal laut dari Singapura. Selanjutnya tinggal dan menetap bersama jemaah tablig lainnya di salah satu masjid di kawasan Sei Harapan Sekupang Kota Batam.

Pada 12 April 2020 yang bersangkutan dirawat di salah satu RS Swastadi Kawasan lubuk Baja, dengan keluhan gangguan infeksi pada kaki kanannya akibat penyakit gula. Pada 15 April 2020 yang bersangkutan dibolehkan pulang. Namun pada 29 April 2020, yang bersangkutan masuk UGD RSUD Embung Fatimah Batam, dengan keluhan badan lemah. Padal 30 April 2020 dilakukan pemeriksaan swab, hasilnya keluar pada 3 Mei, positif virus corona.

Pasien positif baru kedua di Batam inisial GM (36), seorang guru di Kota Batam. Melakukan kontak dengan pasien positif 18 Batam yang sudah dinyatakan sembuh. GM pernah mendampingi temannya itu saat dirawat di salah satu RS swasta di Batam Centre pada 20-22 Maret 2020. Dirinya dinyatakan positif dari hasil tes swab yang dilakukan pada 30 April 2020. 

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan cukup stabil dan tidak pernah merasakan adanya gangguankesehatan yang berarti, serta sedang proses persiapan untuk dilakukan perawatan isolasi di rumah sakit rujukan RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.